Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Karyawan Terinfeksi Corona, Ini Strategi Krakatau Posco

Perseroan berusaha agar tidak ada satupun kasus positif terjangkit virus corona untuk 6.000 karyawan dan 20.000 keluarganya.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  23:59 WIB
Kampanye Aktivitas Pencegahan COVID19 oleh Serikat Kerja PT Krakatau Posco - Dokumen Perusahaan
Kampanye Aktivitas Pencegahan COVID19 oleh Serikat Kerja PT Krakatau Posco - Dokumen Perusahaan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) PT Krakatau Posco sejak 7 April 2020 hingga 15 Juli 2020 menjalankan Operasi 100 Hari Perang Melawan Covid-19.

Dalam kondisi siap siaga, perseroan menjalankan aktivitas pencegahan penyebaran virus dengan tujuan zero kasus positif terjangkit Covid-19 untuk seluruh karyawan dan keluarganya.

Ketua Tim Tanggap Darurat Covid-19 dan Direktur Produksi Krakatau Posco Lee Sangho mengatakan dengan Operasi 100 Hari Perang Melawan Covid-19, perseroan berusaha agar tidak ada satupun kasus positif terjangkit virus corona untuk 6.000 karyawan dan 20.000 keluarganya.

"Perusahaan telah menyadari terlebih dahulu pentingnya tindakan pencegahan demi menjaga agar dapat terus beroperasi dan telah aktif melakukan kegiatan selama 3 bulan. Hingga kini, kami dapat menjadi role model penanganan Covid-19 bagi perusahaan Posco lainnya di luar negeri," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/5/2020).

Krakatau Posco mematuhi langkah-langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari pemerintah, menerapkan bekerja dari rumah untuk 50 persen pekerja dan mengurangi kontak langsung dalam kantor dan pergerakkan dari luar.

Perusahaan yang merupakan bagian dari Posco Group ini juga membagi berdasarkan tingkat resiko penyebaran tiap karyawan (jika tinggal di Red zone, keluarga bekerja di daerah lain atau merupakan anggota tim medis, tim keamanan, supir, dll) dan membuat protokol pencegahan yang lebih detail untuk
karyawan berisiko tinggi.

Aktivitas pencegahan dan pengendalian karyawan ini, dilakukan untuk semua personil yang terkait dengan perusahaan termasuk perusahaan mitra kerja, melalui laporan kesehatan per-hari seluruh karyawan dan keluarga dan rute perpindahannya.

Hal tersebut merupakan sistem pengendalian Covid-19 yang sangat efektif dari Krakatau Posco untuk dapat menjaga perusahaan agar tetap beroperasi dengan normal dengan meminimalisir risiko kontak langsung.

Selain itu, dalam krisis Covid-19 yang berkepanjangan ini, kegiatan pencegahan dijadikan kebiasaan harian oleh karyawan dengan menerapkan 3 kegiatan utama di perseroan, yaitu menjaga jarak sosial, istirahat di rumah jika sakit, dan mencuci tangan 8 kali dalam sehari selama 30 detik.

Kampanye ini telah dilakukan secara besar-besaran bersama dengan perusahaan mitra dan seluruh karyawan, khususnya pada 9 April 2020, ketika kasus pertama virus corona dikonfirmasi di Serang, daerah tempat banyak karyawan bermukim.

Bersama dengan dimulainya penyebaran di daerah, sistem pencegahan pun lebih dikuatkan lagi, dengan melakukan penyemprotan dan pertukaran udara semua kendaraan setidaknya sekali sehari dan melakukan kegiatan pencegahan yang diikuti langsung oleh para pimpinan di asrama dan seluruh fasilitas dalam kantor setidaknya sekali seminggu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krakatau posco Virus Corona industri baja
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top