Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BUMN Transportasi Diminta Permudah Penumpang Melakukan Refund

Perusahaan transportasi dinilai perlu memfasilitasi dan mempermudah proses pengembalian dan pembatalan tiket penumpang, akibat adanya larangan mudik yang diberlakukan pemerintah.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  17:30 WIB
Aktivitas penerbangan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Aktivitas penerbangan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi meminta semua perusahaan transportasi, khususnya badan usaha milik negara (BUMN) mempermudah proses pengembalian atau refund tiket konsumen selama pademi Covid-19.

Dia mengatakan, perusahaan transportasi perlu mengakomodasi hal itu, lantaran pembatalan yang dilakukan masyarakat bukan karena keinginan mereka sendiri, namun terpaksa melakukan pembatalan.

“Perusahaan transportasi BUMN seperti Garuda Indonesia, PT Pelni, dan ASDP, harus bisa menjadi contoh dalam mempermudah refund tiket kepada calon penumpang,” kata Baidowi yang juga merupakan Sekretaris Fraksi PPP DPR RI ini, Sabtu (2/5/2020)

Menurutnya, proses mempermudah refund tersebut di antaranya dengan melonggarkan batas waktu penukaran tiket, proaktif menghubungi calon penumpang yang terpaksa batal, hingga menjamin bahwa tidak ada tiket yang hangus walaupun masyarakat belum sempat melakukan refund.

Baidowi pun meminta tidak ada calon penumpang yang merasa dirugikan dengan adanya pelarangan mudik yang terjadi saat ini.

“Pembatalan bepergian yang terjadi saat ini bukan karena keinginan mereka," ujarnya.

Namun pembatalan kebanyakan terpaksa dilakukan karena adanya PSBB yang di berbagai daerah, termasuk adanya larangan mudik yang diberlakukan pemerintah pada lebaran kali ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi tiket Mudik Lebaran
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top