Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenperin Catat Kebutuhan Pinjaman Lunak IKM Mencapai Rp26,9 Triliun

Alokasi pinjaman lunak yang diajukan Kemenperin berasal dari anggaran pemerintah untuk UMKM melalui perbankan sebesar Rp150 triliun.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 28 April 2020  |  16:40 WIB
Ilustrasi pembuatan masker oleh industri kecil menengah. - Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi pembuatan masker oleh industri kecil menengah. - Antara/Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian mengajukan potensi skema pinjaman lunak untuk industri kecil menengah (IKM) sebesar Rp26,9 triliun yang terdampak covid-19.

Alokasi pinjaman lunak yang diajukan Kemenperin berasal dari anggaran pemerintah untuk UMKM melalui perbankan sebesar Rp150 triliun.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan dari laporan dan data 34 provinsi ada dua persoalan utama yang dihadapi IKM saat ini yakni terkait bahan baku dan restrukturisasi pinjaman.

Untuk itu, agar dana Rp150 triliun yang disiapkan pemerintah dapat tersalurkan dengan tepat dia pun mengusulkan dua skema yang akan membantu IKM menghadapi tekanan ekonomi dampak virus corona.

"Menteri Perindustrian telah memberikan surat pada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian agar ada pinjaman lunak pada 987.000 IKM terdampak saat ini," katanya dalam RDP Virtual di Komisi VI, Selasa (28/4/2020).

Gati mengemukakan dari Rp26,9 triliun yang diminta, sebesar Rp22 triliun akan dikhususkan untuk pinjaman pengadaan bahan baku dan Rp4,9 triliun untuk restrukturisasi kreditnya. Kedua skema itu juga diharapkan tanpa beban buban alias bunga 0 persen.

Sementara itu, dia menyebut untuk skema pembayaran listrik, THR, dan karyawan terdampak yang PHK telah dibuatkan skema sendiri dari Kemenko Perekonomian.

"Kami juga sudah list untuk karyawan PHK agar dikasih kartu prakerja, di samping kami juga lakukan fasilitasi pelatihan online yang telah berjalan dua minggu ini pada IKM melek digital," ujar Gati.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kemenperin pinjaman lunak
Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top