Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peserta Kartu Prakerja Dapat Rp3,55 juta, Begini Perinciannya

Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga menjelaskan setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000 untuk biaya pelatihan kerja.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 11 April 2020  |  20:46 WIB
Peserta Kartu Prakerja Dapat Rp3,55 juta, Begini Perinciannya
ATMI IGI Center adalah Unit Bisnis di bawah ATMI yang secara luas dikenal sebagai Politeknik yang menjalankan Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Produksi (PBET) sejak 1968. - foto ATMI

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan manfaat berupa bantuan sebesar Rp3,55 juta kepada setiap peserta Program Kartu Prakerja. Masa pendaftaran akhirnya secara resmi dibuka mulai Sabtu 11 April 2020 secara online di www.prakerja.go.id.

Dalam konferensi pers virtual, Sabtu (11/4/2020) malam, Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga menjelaskan setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000 untuk biaya pelatihan kerja.

Paket itu terdiri dari, pertama bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.

Kedua, insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Perinciannya, insentif pascapenuntasan pelatihan pertama senilai Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000) serta insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).

Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.

Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Adapun, selama masa pandemi COVID-19 ini, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan online. Para peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Ke depan, setelah kondisi normal, maka pelatihan juga akan melalui tatap muka (offline). “Bantuan pelatihan lewat Kartu Prakerja ini hanya diberikan satu kali kepada satu orang. Supaya manfaat ini dapat merata dan lebih banyak,” ujar Airlangga.

Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu prakerja covid-19
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top