Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga TBS Sawit Indonesia Terkerek Kebijakan Malaysia

Penutupan sejumlah perkebunan sawit dan kebijakan lockdown di Malaysia, membuat produksi sawit negara tersebut mengalami gangguan. Hal ini berdampak pada harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Indonesia.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 06 April 2020  |  19:07 WIB
Pekerja memindahkan tandan buah segar sawit. - Sanjit Das/Bloomberg
Pekerja memindahkan tandan buah segar sawit. - Sanjit Das/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Harga tanda buah segar (TBS) kelapa sawit di Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan seiring adanya penutupan perkebunan sawit dan lockdown di Malaysia seiring mewabahnya virus corona.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPP Apkasindo) Gulat Manurung mengatakan, efek dari pasokan yang berkurang dari Malaysia setidaknya berimbas pada harga tandan buah segar (TBS) yang memperlihatkan kenaikan.

Dia memperkirakan kondisi ini akan berlanjut seiring kebijakan lockdown yang dilakukan Malaysia.

"Harga TBS saat ini naik dengan rata-rata Rp150 sampai Rp250 per kilogram dan tren ini akan terus terkatrol positif,” kata Gulat kepada Bisnis, Senin (6/4/2020).

Dia pun mengemukakan bahwa sejauh ini serapan TBS di berbagai perkebunan rakyat masih berjalan dengan normal. Hal tersebut dinilainya menjadi sinyal bahwa pabrik pengolah sawit masih beroperasi seperti biasa.

"Harapan kami memang demikian, jangan sampai menganggu aktivitas perkebunan. Prinsipnya adalah sepanjang ekspor CPO masih berjalan dan pabrik masih beroperasi, maka aktivitas kebun petani masih tetap berlangsung," ujarnya.

Adapun sebelumnya, Malaysia memerintahkan penutupan perkebunan kelapa sawit di enam distrik sampai 14 April 2020 mendatang. Keputusan tersebut diambil setelah sejumlah pekerja di wilayah dengan 1,54 juta hektare (ha) perkebunan kelapa sawit itu dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpo tandan buah segar kelapa sawit
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top