Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Angkutan Logistik: Truk Sumbu Tiga Tak Dibatasi, Odol Tetap Dilarang

Sejauh ini belum ada paket stimulus khusus logistik yang diluncurkan oleh pemerintah kecuali yang telah ditetapkan secara umum.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 05 April 2020  |  12:56 WIB
Truk kontainer antre untuk keluar dari pelabuhan peti kemas Jakarta International Container Terminal (JICT) di Jakarta, Kamis (19/12/2019). Bisnis - Himawan L Nugraha
Truk kontainer antre untuk keluar dari pelabuhan peti kemas Jakarta International Container Terminal (JICT) di Jakarta, Kamis (19/12/2019). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menjamin angkutan logistik tetap dapat beroperasional tanpa dibatasi pergerakannya di tengah kondisi pandemi Corona saat ini, kecuali untuk truk over dimension dan over load (ODOL) tetap dilarang melintas.

Staf Ahli Menteri Bidang Logistik Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan hingga kini memang belum ada paket stimulus khusus logistik yang diluncurkan oleh pemerintah kecuali yang telah ditetapkan secara umum.

Dia mencontohkan untuk truk sumbu tiga yang biasanya dibatasi pergerakannya menjelang lebaran, kemungkinan besar pada tahun ini tidak akan dilakukan.

“Jadi kemenhub hanya menjamin angkutan logistik tetap boleh beroperasi meski kondisi wabah corona ini. Saat menjelang lebaran juga yang biasanya truk sumbu 3 atau lebih dibatasi geraknya, tahun ini kemungkinan tidak dibatasi, tetapi ODOL tetap dilarang,” jelasnya, Minggu (5/4/2020).

Namun, angkutan barang melalui kereta api pun akan dimaksimalkan dan dapat tetap beroperasi penuh. Bahkan mungkin menambah volumenya mengingat berkurangnya frekuensi kereta penumpang jarak jauh.

Menurutnya di tengah rencana pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), angkutan logistik akan menjadi salah satu kendaraan yang dikecualikan dan dapat tetap beroperasi.

\"Hanya kendaraan tertentu yang diperkenankan lewat, termasuk angkutan logistik. Kendaraan petugas, ambulance, mobil dinas yang memang berdinas, angkutan ternak, mereka bebas, yang dibatasi hanya angkutan penumpang saja,\"tekannya.

Cris menekankan saat ini kemenhub juga masih berfokus terhadap penanganan angkutan penumpang berupa larangan mudik, dan pengaturan lainnya agar masyarakat tetap berada di rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Truk ODOL
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top