Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Bisnis di Tengah Corona, Hotel Indonesia Natour Putar Otak

Sebagai upaya memberikan perlindungan dari risiko penularan virus, PT HIN telah mengambil dan melaksanakan berbagai upaya dan langkah, salah satu diantaranya adalah implementasi panduan pencegahan covid-19.
Salah satu hotel milik Inna Group, Inna Tretes/ Inna Group
Salah satu hotel milik Inna Group, Inna Tretes/ Inna Group

Bisnis.com, JAKARTA – Wabah covid-19 dinilai menghantam industri pariwisata, termasuk properti perhotelan paling keras dan paling awal terdampak. Dengan kondisi seperti saat ini, pengelola properti hotel harus putar otak untuk menjaga kinerja dan okupansi.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natur (HIN) mengatakan bahwa wabah ini memberikan tekanan berat bagi okupansi di jaringan hotel PT HIN. Namun, masih ada beberapa orang yang tinggal di hotel, baik yang karena tidak bisa pulang ke kota asal atau memutuskan karantina sendiri.

Sebagai upaya memberikan perlindungan dari risiko penularan virus, Iswandi mengatakan PT HIN telah mengambil dan melaksanakan berbagai upaya dan langkah, salah satu diantaranya adalah implementasi panduan pencegahan covid-19.

“Implementasinya antar lain menyediakan berbagai alat dan sarana sanitasi bagi para tamu, kami siapkan juga in-house clinic serta prosedur dan mekanisme dalam kaitan kemungkinan adanya tamu yang menjadi suspect,” ujar Iswandi kepada Bisnis, Minggu (5/4/2020).

Iswandi menambahkan kantor pusat HIN juga telah menyediakan holding room apabila ada karyawan yang memiliki suhu badan di atas suhu normal dan untuk melakukan pengecekan kesehatan lebih lanjut.

Selanjutnya, untuk menjaga okupansi, Iswandi menyebutkan PT HIN tetap memberikan sejumlah program khusus.

“Sejalan dengan himbauan pemerintah untuk kerja dari rumah [WFH], hotel-hotel HIN menawarkan berbagai paket diskon untuk tinggal di hotel dengan fasilitas dan harga atau diskon khusus,” kata Iswandi.

Iswandi mengatakan program dengan harga yang lebih terjangkau atau fasilitas yang lebih lengkap bisa digunakan bagi konsumen apabila ada yang tidak bisa kembali ke rumah atau ke kota asal masing-masing.

Selain itu, agar pelayanan dan pemasukan tetap berjalan, Iswandi menyebutkan PT HIN memutar otak dengan menawarkan berbagai layanan pemesanan makanan dari restoran dan kedai di jaringan hotel PT HIN.

“Makanan dari hotel kami siap diantar ke rumah-rumah untuk mereka yang di rumah saja. Kami juga menyediakan layanan jasa laundry hotel yang dapat diantar ke rumah,” jelasnya.

Ke depan, Iswandi berharap segala langkah penanganan covid-19 yang dilakukan secara global bisa berjalan efektif dan dapat segera diatasi, mengingat sudah April dan kondisi saat ini masih ada di tahapan darurat.

“Kita mengharapkan kondisi sekarang yang secara bertahap dapat kondusif dan pulih pada semester II/2020 sehingga pelaku industri bisa mulai melaksanakan tahap pemulihan, kembali melakukan kegiatan promosi dan kegiatan MICE, seni, budaya, olahraga dan lain- lain dapat ditingkatkan kembali,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper