Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran 2024, Okupansi Hotel Indonesia Group Naik 15%

Anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Hotel Indonesia Group (HIG) mencatat peningkatan okupansi hotel pada libur Lebaran 2024.
Hotel Meruorah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk acara puncak KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT. Dok Hotel Meruorah.
Hotel Meruorah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk acara puncak KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT. Dok Hotel Meruorah.

Bisnis.com, JAKARTA - Anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour atau InJourney Hospitality, PT Hotel Indonesia Group (HIG) mencatat peningkatan jumlah tingkat hunian atau okupansi hotel pada libur Lebaran 2024 atau periode 10-14 April 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Operasi & Portofolio Bisnis HIN, M. Ariadevi Hermaini, menyampaikan, jumlah tingkat hunian HIG tumbuh 15% pada libur Lebaran tahun ini jika dibandingkan libur Lebaran 2023.

“Hotel jaringan HIG region Jawa menjadi leading untuk tingkat hunian selama libur panjang hari raya Idulfitri,” kata Aria dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (16/4/2024).

Secara terperinci, tingkat hunian tertinggi hotel jaringan HIG region Jawa yaitu Khas Pekalongan sebesar 96%, diikuti Inna Tretes dengan tingkat hunian sebesar 95%, The Manohara Yogyakarta Hotel, dan Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta sebesar 92%. Hotel-hotel tersebut menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian selama periode 10-14 April 2024.

Selain region Jawa, tingkat hunian tertinggi selanjutnya yaitu region Bali. Tingkat hunian tertinggi di wilayah ini dipegang oleh Inna Sindhu Beach sebesar 95%, diikuti Truntum Kuta dengan tingkat hunian sebesar 91%, dan Merusaka Nusa Dua sebesar 81%. 

“Hotel jaringan HIG region Bali menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian sebesar 9% selama periode libur panjang hari raya Idulfitri 2024 dibandingkan 2023,” jelas Aria.

Selanjutnya adalah hotel jaringan HIG region Sumatra. Aria melaporkan, tingkat hunian tertinggi yaitu Khas Parapat Hotel sebesar 96% atau mengalami peningkatan 16% dibandingkan periode libur Lebaran 2023.

Peningkatan juga terjadi di hotel region Nusa Tenggara, di mana Meruorah Komodo Labuan Bajo naik signifikan sebesar 83%. Hotel ini juga mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 14% dibanding periode Lebaran tahun lalu.

Hal serupa juga terjadi di region Kalimantan dan Sulawesi. HIG mencatat adanya pertumbuhan tingkat hunian sebesar 24% dibanding libur Lebaran 2024 dengan tngkat hunian tertinggi terjadi di Yulia Hotel Gorontalo.

“Tingkat hunian hotel bintang 3 ini sebesar 80% selama periode 10-14 April 2024,” ungkapnya. 

Peningkatan okupansi di hotel jaringan HIG ini, jelas dia, di dorong oleh meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, beragam promo menarik, service improvement serta fasilitas yang tersedia di masing-masing unit hotel.

Dia mengharapkan, momentum peningkatan okupansi hotel ini terus terjaga sepanjang tahun, tidak hanya pada momentum tertentu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper