Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Minyak Terus Melemah, IPA Butuh Stimulus Pemerintah

Bloomberg mencatat, pada perdagangan Kamis (26/3/2020) hingga pukul 14.32 WIB, harga minyak jenis WTI untuk kontrak May 2020 di bursa Nymex melemah 0,95 persen menjadi US$23,54 per barel.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  15:47 WIB
Direktur IPA Nanang Abdul Manaf - Antara
Direktur IPA Nanang Abdul Manaf - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia Petroleum Association (IPA) menyarankan adanya paket kebijakan pemerintah untuk menjaga kelangsungan bisnis hulu minyak dan gas bumi di tengah harga minyak yang melemah di bawah level US$30 per barel. 

Bloomberg mencatat, pada perdagangan Kamis (26/3/2020) hingga pukul 14.32 WIB, harga minyak jenis WTI untuk kontrak May 2020 di bursa Nymex melemah 0,95 persen menjadi US$23,54 per barel.

Sementara itu, harga minyak jenis Brent untu kontrak May 2020 di bursa ICE terkoreksi 0,83 persen ke level US$26,56 per barel.

Direktur Indonesian Petroleum Association (IPA) Nanang Abdul Manaf mengatakan apabila pelemahan harga minyak bersifatnya jangka panjang, nantinya dapat berdampak terhadap seluruh kegiatan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Namun, hingga saat ini, belum ada kebijakkan untuk menahan produksi dan masih tetap memproduksikan seoptimal mungkin. Sumur-sumur pengembangan yang direncanakan akan memproduksikan besar tetap dijalankan.

“Sebenarnya harga minyak di bawah US$30 per barel sudah menyentuh angka psikologis,” tuturnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (26/3/2020).

Di sisi lain, pelemahan harga minyak nantinya bisa berdampak terhadap kegiatan investasi di sektor hulu migas dalam negeri.

Menurut Nanang, pemerintah harus memberikan stimulus agar kegiatan investasi tersebut tidak terganggu, sehingga target lifting nasional bisa dipenuhi.

“Tentu dibutuhkan insentif karena pasti banyak project menjadi tidak ekonomis lagi dengan harga minyak rendah,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak harga minyak mentah produksi migas
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top