Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Suhu Calon Penumpang Capai 38 Derajat, KAI Akan Kembalikan Uang Tiket

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta akan mengembalikan bea pemesanan tiket secara penuh dan tunai bagi calon penumpang yang memiliki suhu badan 38 derajat Celcius.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  21:53 WIB
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta akan mengembalikan bea pemesanan tiket secara penuh dan tunai bagi calon penumpang yang memiliki suhu badan 38 derajat Celcius.

Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan calon penumpang dengan suhu badan 38 derajat Celcius, dan atas rekomendasi petugas kesehatan, tidak diizinkan melakukan perjalanan kereta api (KA).

"Bea pemesanan tiket akan dikembalikan secara penuh dan tunai," kata Eva dalam siaran pers pada Senin (16/3/2020).

Eva menambahkan pengembalian tiket secara penuh dan tunai tersebut juga berlaku bagi pendamping penumpang yang tidak diizinkan melakukan perjalanan KA.

Adapun jumlah pendamping yang mendapatkan pengembalian secara penuh dan tunai tersebut untuk maksimal 4 orang dalam satu kode booking.

"Jika berbeda kode booking, bea tiket yang dikembalikan maksimal hanya untuk 2 orang pendamping," kata Eva.

Dia menambahkan perusahaan tetap memberlakukan pengoperasian kareta api (KA) sesuai jadwal. Hingga kini, lanjutnya belum ada jadwal KA yang berkurang maupun berubah, baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal.

Di Daop 1 Jakarta, keberangkatan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota tetap sesuai jadwal. Demikian juga untuk KA Lokal, seperti KA Jatiluhur, KA Walahar, KA Lokal Merak, KA Pangrango, KA Siliwangi.

Meski begitu, perusahaan konsisten melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dan di dalam KA, seperti menyediakan hand sanitizer di beberapa sudut stasiun dan di dalam KA, serta menempatkan petugas khusus untuk melakukan pengecekan suhu tubuh calon penumpang.

Langkah pencegahan lainnya, tutur Eva, adalah dengan terus menjaga kebersihan sarana kereta dan penyemprotan disinfektan pada sarana KA.

"KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan di area stabling. Khusus di Daop 1 Jakarta," ujarnya.

Stabling pencucian kereta api jarak jauh dilakukan di Stasiun Pasar Senen, Dao/Jakarta Gudang, Tanah Abang. Sedangkan untuk KA Lokal, pencucian dilakukan di Stasiun Sukabumi, Cikampek, Tanjung Priok, Merak, dan Rangkasbitung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Virus Corona
Editor : Saeno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top