Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dagang-el Jadi Solusi Pacu Ekspor UMKM

Platform dagang elektronik dinilai menjadi salah satu jalur bagi usaha mikro, kecil dan menengah untuk memacu ekspor.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  22:04 WIB
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis - Abdurachman
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pemanfaatan dagang elektronik (dagang-el/e-commerce) dinilai menjadi salah satu usaha untuk mendorong pertumbuhan ekspor.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan pemerintah perlu bekerja sama dengan pelaku usaha dagang-el karena pada umumnya pelaku usaha memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih beragam dan intens.

“Melalui kolaborasi tersebut, kita dapat mendukung peningkatan ekspor Indonesia sesuai dengan keahlian dan kompetensi masing-masing,” kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga kala menghadiri Perayaan Dua Tahun Kreasi Nusantara Shopee di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Kreasi Nusantara sendiri merupakan kanal yang diluncurkan Shopee sejak Februari 2018. Kanal ini didedikasikan khusus untuk menyoroti produk-produk lokal Indonesia yang berkualitas.

Sejak kanal ini diluncurkan, program Kreasi Nusantara meningkatkan transaksi harian produk UMKM sebesar delapan kali lipat melalui kanal Dari Lokal untuk Global.

“Pencapaian yang kami raih sejak pertama kali peluncuran kanal Kreasi Nusantara, menginisiasi UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mendorong pelaku UMKM meningkatkan potensi bisnisnya. Tahun ini, dengan diperluasnya jangkauan akses pasar ekspor, kami harap dapat mendukung peningkatan performa para pelaku UMKM binaan Shoppee Indonesia serta menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Jerry menambahkan perlunya terobosan dan ide kreatif untuk meningkatkan daya saing UMKM. Dengan demikia, produk Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Sejalan dengan upaya tersebut, Jerry mengemukakan dibutuhkan peran serta dan dukungan dari setiap pihak terkait untuk mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya.

“Dengan adanya program Kreasi Nusantara yang sejalan dengan visi Presiden Jokowi, Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi inisiatif Shopee dalam mendukung perkembangan UMKM khususnya untuk menembus pasar global,” kata Jerry.

Kementerian Perdagangan juga mengharapkan program edukasi persiapan ekspor kepada UMKM semakin digiatkan agar para pelaku UMKM yang memiliki produk berkualitas mendapatkan pemahaman mengenai potensi pasar di negara-negara yang dituju.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor umkm ecommerce
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top