Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sembilan Bandara Angkasa Pura II Raih Penghargaan Internasional

Adapun, proses survei Airport Service Quality (ASQ) Awards dilakukan pada 380 bandara yang ada di 90 negara dan melibatkan 8,8 juta penumpang.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin./Bisnis-Rio Sandy Pradana
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin./Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) mengaku sembilan bandara yang dikelolanya berhasil mendapatkan 30 penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Awards dari Airport Council Internasional (ACI).

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan ACI ini merupakan bentuk kepercayaan global terhadap kemampuan bandara-bandara nasional dalam menghadirkan standar pelayanan tinggi kepada para penumpang pesawat. Adapun, tahun lalu perseroan meraih 22 penghargaan untuk enam bandara.

"Level pelayanan di bandara-bandara kami selalu meningkat setiap tahun, sehingga mampu mempertahankan berbagai penghargaan dari ACI. Tahun ini meraih 30 penghargaan untuk sembilan bandara, termasuk satu-satunya penghargaan Most Improved in Asia Pasific yang berhasil diraih oleh [Bandara] Soekarno-Hatta,” kata Awaluddin dalam siaran pers, Rabu (11/3/2020).

Bandara yang berhasil penghargaan adalah Bandara Depati Amir, Bandara Raja Haji Fisabilillah, Bandara Silangit, Bandara Husein Sastranegara, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Bandara Supadio, Bandara Halim Perdanakusuma, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Penghargaan tersebut, lanjutnya, merupakan apresiasi kepada AP II yang mampu memberikan customer experience terbaik berdasarkan pendapat dari penumpang pesawat di masing-masing bandara itu sendiri. Pendapat dari penumpang tersebut diperoleh melalui proses survei ASQ di 380 bandara yang ada di 90 negara dan melibatkan 8,8 juta penumpang.

Menurutnya, keberhasilan bandara berkode CGK tidak lepas dari berbagai pengembangan yang dilakukan. Pelayanan di Terminal 3 semakin baik dalam melayani penerbangan rute domestik dan internasional, lalu sejak 2019 juga sudah dioperasikan terminal khusus LCC yaitu Terminal 2F.

Selain itu, juga terdapat kereta bandara sebagai transportasi publik, serta Skytrain yang menjadi moda utama perpindahan antarterminal. Bandara di Tangerang tersebut juga dipilih sebagai pilot project berbagai pengembangan teknologi informasi guna mendukung operasional dan pelayanan.

“Pengembangan infrastruktur dan digital meningkatkan efektivitas operasional dan pelayanan sehingga Soekarno-Hatta pantas menyandang gelar sebagai Most Imrpoved in Asia Pasific,” ujarnya. 

Sementara itu, Director General ACI World Angela Gittens mengatakan program ASQ Award merupakan penghargaan tertinggi bagi pengelola bandara di seluruh dunia. 

“Airport Service Quality Awards merepresentasikan pengakuan tertinggi bagi pengelola bandara di seluruh dunia dan mengakui keunggulan dalam customer experience,” ujar Gittens.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper