Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Survei Importir, Bahan Baku 2-3 Bulan Mendatang Aman

Survei tersebut dilakukan BI kepada importir dan eksportir yang berhubungan dengan China. Kendati aman, China
Maria Y. Benyamin & Hadijah Alaydrus
Maria Y. Benyamin & Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  18:55 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Bisnis - Abdurachman
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Importir Indonesia mengaku stok bahan baku produksi aman untuk dua sampai tiga bulan ke depan di tengah hambatan perdagangan internasional karena wabah virus corona.

Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) terhadap sejumlah perusahaan - baik importir dan eksportir - yang berdagang dengan China. Survei dilakukan pada Februari lalu.

"Kami cek ke perusahaan-perusahaan, para importir masih punya stok dua hingga tiga bulan untuk bahan baku," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Rabu (4/3/2020).

Kendati memiliki bahan baku, dia mengungkapkan perusahaan-perusahaan yang disurvei saat itu mulai merasakan kesulitan untuk mengekspor produknya. "Kesulitan untuk mengekspor karena perusahaan di sana [China] masih tutup," ungkap Perry.

BI berjanji akan terus memperhatikan perkembangan lebih lanjut terkait dengan global supply chain atau rantai pasok global. Lebih lanjut, Perry melihat kegiatan ekspor China melibatkan lebih dari 20 negara. Ketika ekspor China terhambat, kebutuhan impor negara lain akan tertanggu.

Dalam hal ini, India menjadi salah satu negara yang dapat menggantikan posisi China sebagai penyuplai. "Jadi ini ada spillovers positif ke berbagai negara," ujar Perry. Sisi negatifnya, Perry mengkhawatirkan hambatan kegiatan impor sehingga dia berharap kebijakan untuk memfasilitasi kegiatan perdagangan internasional terus didorong.

"Ini assesment yang kita lihat secara keseluruhan," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perdagangan global Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top