Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rencana BUMN Atasi Virus Corona

BUMN yang mengelola fasilitas publik diminta menyiapkan sabun pembersih tangan atau hand sanitizer.
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis/Himawan L Nugraha
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan sejumlah langkah untuk membantu penanganan virus corona di Indonesia.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa salah satu langkah yang dilakukan Kementerian BUMN, khususnya yang banyak mengelola fasilitas publik, akan menyediakan pembersih tangan atau hand sanitizer.

“Di tempat pelayanan publik wajib menyediakan hand sanitizer, di terminal-terminal, bandara, baru di gerbong-gerbong kereta. Karena kuncinya adalah cuci tangan sebenarnya, jadi tidak usah khawatir,” katanya di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dia juga mengatakan bahwa hal ini juga akan diiringi dengan pelaksanaan sosialisasi penangkalan virus corona, khususnya melalui cuci tangan secara rutin. Dia menuturkan seluruh program ini akan menggunakan anggaran corporate social responsibility (CSR) BUMN.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Kementerian BUMN akan membantu memastikan ketersediaan bahan makanan di tengah isu virus corona. Hal ini diharapkan dapat menahan munculnya kepanikan di masyarakat dan munculnya spekulan di bahan pangan.

“Kami juga meminta kepada semua perusahaan BUMN yang berhubungan dengan pangan seperti Perum Bulog dan lain lainnya untuk meyakinkan publik bahwa kita akan mampu menyediakan bahan makanan. Jangan sampai khawatir kehabisan bahan makanan,” ujarnya.

Dia juga menyatakan bahwa seluruh jaringan rumah sakit di bawah Kementerian BUMN memiliki dokter yang siap dan mampu menangani pasien terinfeksi corona. Dalam waktu dekat, lanjutnya, Kementerian BUMN telah menyiapkan rencana khusus yang melibatkan Kimia Farma dan Bio Farma untuk membantu memerangi virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper