Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menhub Ingin Pekerja Lokal Lanjutkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menhub meminta pekerja lokal dilibatkan dalam melanjutkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 23 Februari 2020  |  19:11 WIB
Foto udara proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di perkebunan teh Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018). - ANTARA/Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di perkebunan teh Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018). - ANTARA/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian perhubungan memastikan wabah virus Covid-19 atau virus Corona yang saat ini melanda daratan Tiongkok tidak berpengaruh terhadap proyek kereta cepat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan telah berkoordinasi dengan PT Kereta Cepat Indonesia—China supaya proyek tetap berjalan sesuai rencana dengan memanfaatkan tenaga kerja lokal.

Menhub juga mengapresiasi KCIC yang telah menjaga hubungan baik dengan masyarakat lokal. Menhub berharap hal itu juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Menhub juga menyatakan apresiasinya atas berlangsungnya proyek dengan skema B to B ini.

"Kami bangga dan senang ada suatu proyek kereta cepat pertama kali di Indonesia, ini dikerjakan (dengan skema pembiayaan) business to business jadi artinya swasta Indonesia dengan swasta China,” jelasnya, Minggu (23/2/2020).

Proyek strategis ini diharapkan tidak membebani APBN karena ada senilai Rp83 triliun yang masuk ke Indonesia dari swasta dalam proyek ini.

Lebih lanjut Menhub mengatakan jika kereta cepat Jakarta-Bandung ini sukses ke depannya bukan tidak mungkin akan dilanjutkan hingga Surabaya.

Budi memaparkan progres pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 44 persen, sedangkan pembebasan lahan sudah mencapai 99,96 persen. Menhub menyebut masih ada sebidang tanah di daerah Bandung yang sedang dalam tahap konsinyasi.

Menhub berpesan kepada KCIC sebagai pelaksana proyek agar pekerjaan ini dapat diselesaikan tepat waktu.

"Satu, harus on time. Yang kedua, mesti ada alih teknologi, dan ketiga adalah jaga hubungan dengan masyarakat banyak dan team work harus diperhatikan," tekannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Kereta Cepat
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top