5 Cara Meningkatkan Kelas Hotel Anda Agar Makin Laris Disewa

Kenyamanan dan kelengkapan fasilitas adalah hal utama yang dicari tamu saat memilih hotel atau penginapan. Dua hal ini pula yang menentukan kelas dan bintang setiap akomodasi. Makin nyaman dan lengkap fasilitasnya, makin berkelas sebuah hotel.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kenyamanan dan kelengkapan fasilitas adalah hal utama yang dicari tamu saat memilih hotel atau penginapan. Dua hal ini pula yang menentukan kelas dan bintang setiap akomodasi. Makin nyaman dan lengkap fasilitasnya, makin berkelas sebuah hotel.

Tentu tak perlu mengadakan fasilitas mewah agar kelas hotel Anda makin meningkat dan laris disewa tamu. Anda bisa memulainya dengan cara-cara berikut.

1. Pelayanan Prima

Yang membedakan hotel biasa dengan hotel berbintang adalah kualitas servis yang ditawarkan. Pelayanan di hotel berkelas tentu sangat bagus, mulai dari bagaimana petugas resepsionis menerima tamu, pembersihan kamar oleh housekeeper, bagaimana merespons komplain, penyajian makanan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jika ingin kelas hotel Anda naik, mulailah dengan memberikan pelayanan prima kepada setiap tamu. Sebagaimana pembeli, tamu adalah raja yang mesti dilayani sebaik mungkin.

2. Tingkatkan Kualitas SDM

Kualitas layanan yang diberikan tentu berbanding lurus dengan kualitas SDM hotel. Makin bagus skill pegawai, makin oke pula servisnya. Maka jangan ragu berinvestasi untuk hotel lewat peningkatan kualitas karyawan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan atau kursus khusus mengenai hospitality. Akan lebih baik lagi jika pegawai adalah mereka yang memiliki latar belakang di bidang perhotelan dan pariwisata.

3. Lengkapi Fasilitas yang Dibutuhkan

Kelas hotel juga ditentukan dari fasilitasnya. Setiap kamar harus dilengkapi dengan fasilitas standar yang dibutuhkan tamu, misalnya kamar mandi + air hangat, pendingin ruangan, tempat tidur yang bersih dan empuk, televisi, air minum, toiletries, handuk, dan lain-lain.

Selain kamar, Anda juga perlu memperhatikan fasilitas di lingkungan hotel, misalnya akses internet gratis, area parkir, dan peralatan olahraga. Akan lebih baik lagi jika ada fasilitas tambahan lain berupa jasa laundry, penitipan anak atau hewan piaraan, penyewaan sepeda, serta kantin.

4. Buat Website Resmi

Masih banyak hotel yang tidak memiliki website resmi. Padahal media ini sangat penting, lho. Selain mempermudah pelanggan dalam reservasi kamar, website juga bisa menjadi pertanda apakah sebuah hotel berkelas atau tidak.

Bangun website yang menarik dan profesional. Isi dengan foto-foto serta informasi seputar promo, fasilitas, dan layanan hotel. Tambahkan juga konten seputar tempat wisata di sekitar akomodasi untuk meningkatkan trafik dan SEO. Cara ini dijamin akan membuat tamu makin mantap menginap di hotel Anda.

5. Mendaftar di OTA

Kemajuan teknologi pelan-pelan mengubah cara manusia dalam beraktivitas, termasuk urusan mereservasi hotel. Nah, Anda harus memanfaatkan peluang ini untuk mendapat penghasilan sebanyak-banyaknya.

Mendaftarkan hotel di online travel agent adalah langkah yang sangat tepat untuk meningkatkan kelas hotel Anda. Akomodasi yang sebelumnya sepi pasti akan lebih laris ketika sudah didaftarkan di OTA.

6. Menjadi mitra Virtual Hotel Operator

Selain OTA, jangan ragu untuk bergabung dengan Airy. Perusahaan operator hotel ini telah mengelola lebih dari 10.000 kamar hotel bujet berkualitas di seluruh Indonesia. Ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh sebagai mitra Airy, salah satunya adalah berkesempatan mengikuti Airy Academy.

Airy Academy merupakan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM hotel, mulai dari front officer, housekeeping, manajer hotel, dan lain-lain. Nantinya setiap peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan praktikum tentang hospitality yang sesuai dengan bidangnya.

Nah, dengan ilmu dan skill pegawai yang mumpuni, hotel Anda pun siap untuk naik kelas. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper