Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biaya Tahap I Bandara Kediri Rp9,2 T, Berapa Tahap Pembangunannya?

Tahap pertama pembangunan Bandara Kediri, yang memakan biaya Rp9,2 triliun, akan dimulai pada April dan diprediksi rampung pada akhir tahun ini.

Bisnis.com, KEDIRI - Pembangunan Bandara Kediri akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama yang akan dimulai pada April mendatang dan diprediksi rampung pada akhir tahun ini memakan biaya Rp9,2 triliun.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan bahwa pada pembangunan Bandara Kediri tahap pertama memakan biaya hingga Rp9,2 triliun.

"Investasi tahap pertama, termasuk pembebasan lahan mencapai Rp9,2 triliun," ujarnya di Kediri, Sabtu (15/2/2020).

Sementara itu, untuk pembebasan lahan, lanjutnya, sudah mencapai 98,44 persen.

Terkait dengan rencana pembangunan yang dimulai pada April mendatang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pihaknya sudah menerima rekomendasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait penerbitan penetapan lokasi (penlok).

Walhasil, jika penlok sudah diterbitkan dalam waktu dekat maka proses konstruksi bisa dilakukan sesuai rencana yakni pada April 2020.

Bandara Kediri akan melayani masyarakat 6 kabupaten di Jawa Timur, yaitu Madiun, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Kediri, dengan jumlah penduduk sekitar 10 juta jiwa.

Bandara yang berada di Jawa Timur ini nantinya akan berfungsi sebagai bandara domestik, sementara untuk Bandara Internasional tetap dilayani Bandara Juanda Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper