Produksi Sejak 2015, Ichitan Nilai Pasar Indonesia Masih Menantang

Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  10:29 WIB
Produksi Sejak 2015, Ichitan Nilai Pasar Indonesia Masih Menantang
Program jadi jutawan Ichitan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen minuman ringan PT Ichi Tan Indonesia menilai pasar Indonesia masih cukup menantang sehingga perseroaan mengaku  ingin fokus dalam pengenalan produk kepada masyarakat.

Marketing Director PT Ichi Tan Indonesia Duangkamon Ngarmsangiem mengakui  tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih bertanya produk Ichitan ini. Namun, dia menilai hal itu sebagai sesuatu yang wajar mengingat pasar Indonesia sangat besar.

"Selain itu distribusi dan logistik juga masih menantang tetapi kami beruntung memiliki mitra yang solid," katanya saat ditemui Bisnis, Jumat (14/2/2020).

Adapun mitra distribusi dilakukan oleh mitra distributor Ichitan Indonesia, di antaranya yakni oleh PT Atri Distribusindo. Khusus untuk kegiatan produksi, perusahaan mempercayakan kepada mitranya, yakni PT Hon Chuan Indonesia di Mojokerto, Jawa Timur.

Selain itu, Ngarmsangiem mengemukakan perseroan juga masih terus dalam tahap penggalian pasar di Tanah Air. Pasalnya, awal memulai bisnis pada 2015 perseroan pernah hadir dengan delapan varian rasa yang mayoritas buah-buahan.

Namun, dalam perjalanan di tahun pertamanya pada 2016, perseroan harus meghentikan produksi varian rasa buah-buahan tersebut. Alhasil, perusahaan hanya memiliki empat varian rasa yang dipasarkan yakni Ichitan Thai Milk Tea, Ichitan Milk Coffe, Ichitan Teh Tawar, dan terbaru Ichitan Milk Green Tea.

"Kami sekarang lebih fokus pada varian rasa yang diterima pasar di Indonesia. Kalau di Thailand itu banyak rasa buah-buahan ke depan kalau kami sudah menemukan buah yang pas di sini tentu akan kami produksi," ujarnya.

Prinsipnya, Ngarmsangiem memastikan pasar Indonesia sangat penting bagi perseroan mengingat di sini menjadi negara pertama ekspansi bisnis dari Ichitan Group Thailand. Sebelumnya, Ichi Tan Indonesia memastikan masih mematok pertumbuhan bisnis dua digit pada tahun ini. Hal itu berkaca dari laju bisnis yang masih manis dirasakan sejak 2019 lalu.

CEO PT Ichi Tan Indonesia Johannes Yoslin mengatakan mulai tahun lalu produk Ichitan sudah terdistribusi di seluruh kawasan Indonesia, setelah sebelumnya hanya hadir di pasar Pulau Jawa.

Johannes mengemukakan setelah perjalanan bisnis yang terbilang baru atau sejak 2015 meluncur di pasar Indonesia, Ichitan saat ini telah berhasil menduduki peringkat penjualan ketiga di level mini market.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
industri mamin

Editor : Hadijah Alaydrus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top