PUPR Menargetkan 5 Proyek KSPN Super Prioritas Rampung Tahun Ini

Kementerian PUPR dan Kemenhub menargetkan pengerjaan lima proyek KSPN super prioritas bisa rampung tahun ini
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  20:19 WIB
PUPR Menargetkan 5 Proyek KSPN Super Prioritas Rampung Tahun Ini
Danau Toba dilihat dari Bukit Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. JIBI - Nancy JUnita

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pengerjaan lima proyek kawasan strategis pariwisata nasional super prioritas bisa dirampungkan pada tahun ini.

Kelima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) super prioritas yang dimaksud antara lain adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado-Bitung-Liukupang.

"Setelah ini [lima KSPN selesai], akan diprioritaskan ke daerah lain untuk pembangunan infrastrukturnya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat bersama Komisi V DPR di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Program pembangunan infrastruktur di sektor pariwisata ini, imbuhnya, dilakukan secara bertahap dengan fokus pengerjaan pada beberapa KSPN per tahunnya.

Pada tahun ini, Kementerian PUPR sudah menganggarkan sekitar Rp5,2 triliun untuk pembangunan infrastruktur di lima KSPN Super Prioritas tersebut.

"Itu kalau Rp5 triliun itu disebar ke semua KSPN kan malah ga jadi. Jadi kalau difokuskan ke lima dulu sampai selesai, tahun depan pindah lagi [ke KSPN] lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp2,9 triliun untuk mendukung pengembangan lima KSPN super prioritas. 

Dana tersebut akan dialokasikan di antaranya untuk sektor perkeretaapian dan kepelabuhan. 

Di sisi lain, Menteri Basuki berharap bisa duduk bersama Menteri BUMN terkait pengelolaan lima KSPN super prioritas tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
infrastruktur, pariwisata, Kementerian PUPR

Editor : Fitri Sartina Dewi
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top