Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal DMO Sawit, Ini Komentar Pelaku Usaha

Pemberlakuan kewajiban memasok minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) ke dalam negeri atau Domestik Market Obligation/DMO dinilai akan sangat bergantung pada ketentuan yang disiapkan pemerintah.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  20:28 WIB
Petugas memperlihatkan contoh bahan bakar biodiesel saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Petugas memperlihatkan contoh bahan bakar biodiesel saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Usulan untuk memberlakuan kewajiban memasok minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) ke dalam negeri (Domestik Market Obligation/DMO) menuai berbagai respons dari pelaku usaha sawit dalam negeri. Wacana ini sendiri mengemuka di tengah upaya untuk menjaga pasokan CPO sebagai bahan baku biodiesel dan green diesel.

"Jika untuk menjaga volume pasokan, menurut kami tidak ada masalah, sama seperti saat ini. Jika yang akan diupayakan menyangkut harga, tentunya sangat tergantung kepada pemerintah dan usaha hulu sawitnya," ujar Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan ketika dihubungi Bisnis, Rabu (29/1/2020).

Pemberlakuan DMO ini disebut Paulus akan sangat bergantung pada ketentuan yang disiapkan pemerintah dengan menimbang berbagai aspek. Kesediaan pelaku usaha di sisi hulu pun disebutnya memainkan peran atas keberlanjutan usul tersebut.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Mukti Sardjono menyatakan pihaknya belum bisa memberikan banyak komentar. Dia mengaku belum mendengar detil kabar tersebut.

"Kami belum bisa banyak berkomentar karena belum memperoleh informasi tersebut," kata Mukti ketika dimintai pendapat.

Porsi serapan domestik CPO sendiri terbilang masih terpaut jauh dibandingkan volume ekspor. Menyitir data Gapki, konsumsi domestik CPO selama periode Januari-Oktober 2019 berjumlah 14,64 juta ton dengan ekspor 5,74 juta ton dalam bentuk CPO dan 20,77 juta ton dalam bentuk turunan, total volume ekspor tercatat meningkat sekitar 2 persen dibandingkan Januari-Oktober 2018.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpo Biodiesel
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top