Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BKPM : Proyek Terminal Satelit di Ngurah Rai agar Libatkan UMKM

Keterlibatan UMKM dalam proyek berinvestasi sudah terealisasi di sektor jalan tol, yakni melalui pengembangan rest area.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  09:04 WIB
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Koordinasi Penanaman Modal meminta agar usaha mikro, kecil, dan menengah dilibatkan di dalam pembangunan proyek terminal satelit di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Hal itu secara khusus disampaikan oleh Deputi Kepala BKPM Bidang Perencanaan Penanaman Modal Ikmal Lukman kepada PT Nindya Karya (Persero), Korea Rail Network Authority (KRNA), serta Korea Overseas Infrastructure and Urban Development Corporation (KIND) yang akan menggarap proyek dengan nilai investasi mencapai Rp5 triliun.

"Kami meminta Nindya Karya, KRNA, dan KIND, juga bisa mengajak UMKM untuk terlibat supaya mereka juga mendapatkan manfaat dari proyek investasi, terutama yang berada di sekitarnya," ujarnya, Selasa (21/1/2020).

Permintaan BKPM tersebut diakuinya sudah sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo bahwa UMKM harus dilibatkan di proyek-proyek berinvestasi.

Keterlibatan UMKM dalam proyek berinvestasi sudah terealisasi di sektor jalan tol, yakni melalui pengembangan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sudah ada aturan yang mewajibkan para pengelola TIP untuk memenuhi komposisi 70 persen diisi UMKM lokal dan 30 persen baru boleh diisi oleh penyewa lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara ngurah rai umkm
Editor : Zufrizal
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top