Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IHLC Gandeng IPB Sediakan Program Magister Industri Halal

Saat ini banyak pelaku bisnis halal yang belum memiliki pengetahuan teknis. Untuk itu, program magister ini diharapkan menjadi terobosan percepatan.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 13 Januari 2020  |  18:41 WIB
Chairman Indonesia Lifestyle Center Sapta Nirwandar. - JIBI/Abdullah Azzam
Chairman Indonesia Lifestyle Center Sapta Nirwandar. - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menjadi universitas pertama yang menyelenggarakan magister industri halal di Indonesia.

Sapta Nirwandar, Ketua Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) menuturkan jurusan magister halal ini guna menjawab potensi bisnis industri ini.

Indonesia, kata dia, dapat menjadi pemain utama industri bernilai US$1,7 triliun ini dengan menyiapkan sumber daya manusia mumpuni.

"Kami [IHLC] kerja sama dengan IPB. Kami membuat magister halal bisnis. Ini [pendidikan] untuk mendorong pebisnis halal," kata Sapta di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (13/1/2020).

Menurut Sapta yang menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2011—2014 itu menyebutkan saat ini banyak pelaku bisnis halal yang belum memiliki pengetahuan teknis. Untuk itu, program magister ini diharapkan menjadi terobosan percepatan.

"Kita mulai Maret—April nanti [proses seleksi penerimaan mahasiswa baru]," katanya.

Lebih lanjut, Sapta yang juga Chairman Tour de Singkarak, itu menambahkan program studi ini menyasar semua pelaku bisnis halal.

"Sekolah ini terbuka untuk semua yang mau bisnis halal. Ini [industri halal] bisnis besar," katanya. 

Program studi ini disiapkan dalam tataran praktis bisnis. Ini berbeda dengan program studi ekonomi Islam yang sudah banyak hadir terlebih dahulu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipb sertifikasi halal industri syariah
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top