Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejutan Ekonomi Jepang Sepanjang 2019

Ekonomi Jepang tercatat beberapa kali membuat kejutan di tengah ketidakpastian global sepanjang tahun ini. Hal tersebut sedikit banyak menunjukkan ketahanan ekonomi Negeri Sakura menghadapi tantangan domestik dan eksternal.
Ilustrasi ekonomi Jepang/Reuters
Ilustrasi ekonomi Jepang/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ekonomi Jepang tercatat beberapa kali membuat kejutan di tengah ketidakpastian global sepanjang tahun ini. Hal tersebut sedikit banyak menunjukkan ketahanan ekonomi Negeri Sakura menghadapi tantangan domestik dan eksternal.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, pertumbuhan PDB Jepang sudah pasti menjadi salah satu yang sangat dipantau oleh mitra-mitra dagangnya dan pelaku pasar pada umumnya.

Produk domestik bruto (PDB) Jepang tak diduga berekspansi dengan laju jauh lebih cepat dari yang sebelumnya dilaporkan untuk kuartal III/2019.

Meski demikian, revisi peningkatan yang jauh lebih besar untuk pertumbuhan PDB kuartal ketiga berisiko membawa ekonomi Jepang dapat menghadapi penyusutan lebih dalam pada kuartal IV/2019 sebagai respons atas pajak penjualan lebih tinggi yang berlaku mulai Oktober.

Untuk diketahui, per 1 Oktober 2019, pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe meluncurkan kebijakan kenaikan pajak penjualan nasional dari 8 persen menjadi 10 persen.

Langkah ini dianggap sebagai kebijakan yang mampu memperbaiki keuangan negara yang tertekan. Di sisi lain, kenaikan pajak juga dapat merugikan ekonomi di tengah perang dagang dan permintaan eksternal yang lesu.

Namun PM Abe menyatakan siap untuk mengambil semua langkah terbaik jika risiko terhadap ekonomi meningkat menyusul kenaikan pajak penjualan dan meningkatnya ketidakpastian global.

Berikut pertumbuhan ekonomi Jepang sepanjang tahun 2019, seperti yang dihimpun Bisnis.com.

Kuartal I/2019

Setelah menutup tahun lalu dengan pertumbuhan lebih kuat dari perkiraan pada kuartal IV/2018, ekonomi Jepang secara tak terduga mengawali tahun 2019 dengan pertumbuhan yang melampaui ekspektasi pada kuartal I/2019.

Dilansir dari Bloomberg, PDB Jepang tumbuh 2,1 persen secara year-on-year pada kuartal pertama, dengan ekspor neto yang secara teknis memicu pertumbuhan ekonomi.

Kejutan Ekonomi Jepang Sepanjang 2019

Namun, peningkatan belanja modal berhasil membantu mendorong ekonomi Jepang berekspansi dengan laju lebih cepat pada kuartal pertama tahun ini, terlepas dari kekhawatiran mengenai perlambatan China dan perang dagangnya dengan Amerika Serikat.

Data revisi yang dirilis oleh Kantor Kabinet Jepang menunjukkan PDB Jepang tumbuh 2,2 persen secara tahunan pada kuartal I/2019, lebih besar dari data pertumbuhan awal sebesar 2,1 persen.

Para ekonom telah memperkirakan adanya revisi kenaikan dalam pertumbuhan PDB mengingat angka belanja modal yang lebih kuat dari perkiraan untuk kuartal I/2019 yang dirilis sebelumnya.

Membaiknya angka pertumbuhan mendukung pandangan pemerintah bahwa ekonomi Jepang menunjukkan ketahanan dalam menghadapi permintaan global yang melambat dan perang dagang.

Kendati demikian, angka pertumbuhan itu masih membayangi kelemahan dalam ekonomi, karena sebagian besar ekspansi disebabkan oleh impor yang turun lebih cepat ketimbang ekspor, sehingga mengakibatkan ekspor neto mendorong ekonomi secara teknis.

Meski angka PDB terus menunjukkan pertumbuhan pada kuartal pertama, prospeknya telah memburuk sejak ketegangan perdagangan antara AS dan China bereskalasi tajam pada awal Mei.

"Ke depannya, stimulus fiskal dan konsumsi menit terakhir jelang kenaikan pajak penjualan pada Oktober kemungkinan akan mendukung pertumbuhan moderat pada kuartal II dan III,” ujar Ekonom Bloomberg Yuki Masujima.

“Tapi ada risiko pada sisi negatifnya. Perang perdagangan AS-China mengancam akan mengurangi ekspor. Sentimen penghindaran risiko juga bisa mengangkat yen sehingga memotong daya saing Jepang dan meredam inflasi,” lanjut Masujima.

Kuartal II/2019

Investasi bisnis dan pengeluaran konsumen berhasil mendorong ekonomi Jepang tumbuh lebih dari yang diperkirakan pada kuartal II/2019. PDB Jepang tumbuh 1,8 persen secara tahunan pada kuartal II/2019 dari kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan pada kuartal II terbantukan peningkatan belanja konsumen yang didukung libur umum dan pembelian menjelang kenaikan pajak penjualan yang direncanakan pada bulan Oktober.

Kejutan Ekonomi Jepang Sepanjang 2019

Mempertimbangkan faktor tersebut, ada perkiraan bahwa kondisi serupa akan sulit berlanjut terutama setelah kenaikan pajak diberlakukan.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi Jepang juga terus dibukukan sepanjang periode tersebut meskipun ekspor mencatat penurunan yang berkelanjutan.

Namun, ekonomi Jepang berekspansi dengan laju lebih lambat dari yang sebelumnya dilaporkan untuk kuartal kedua. PDB Jepang tumbuh 1,3 persen secara tahunan pada kuartal II dari kuartal I/2019, menurut data revisi yang dirilis Kantor Kabinet.

Sejumlah ekonom telah memperkirakan pertumbuhan keseluruhan akan menjadi lebih kecil karena berkurangnya investasi bisnis oleh produsen di tengah dampak eskalasi tensi perdagangan terhadap prospek global.

Tetap saja, ekonomi Jepang terus berekspansi terlepas dari adanya proyeksi suram yang melihat efek negatif perlambatan global terhadap pertumbuhan.

Meski sektor ekspor dan produsen menunjukkan tanda-tanda ketegangan, permintaan domestik dan investasi oleh non-produsen tetap solid.

“Singkatnya, revisi itu tidak menambah apa pun yang akan menentang pandangan bahwa ekonomi tetap cukup kuat untuk menghadapi kenaikan pajak penjualan pada bulan Oktober. Risiko utama yang kami lihat adalah ancaman proteksionisme AS yang memukul sektor otomotif Jepang,” jelas Yuki Masujima.

Kuartal III/2019

Ekonomi Jepang lagi-lagi membuat catatan tak terduga dengan berekspansi jauh lebih cepat dari yang sebelumnya dilaporkan untuk kuartal ketiga, didorong oleh investasi modal yang lebih kuat dan konsumsi swasta menjelang kenaikan pajak penjualan pada Oktober.

Data Kantor Kabinet yang dirilis pada pertengahan Desember menunjukkan PDB Jepang direvisi tumbuh 1,8 persen secara tahunan pada kuartal III/2019 dari kuartal sebelumnya.

Raihan tersebut jauh lebih besar daripada laporan sebelumnya untuk pertumbuhan hanya 0,2 persen, juga lebih kuat dari seluruh proyeksi ekonom dalam survei Bloomberg dan estimasi median untuk ekspansi sebesar 0,6 persen.

Revisi peningkatan pertumbuhan untuk kuartal ketiga muncul lebih kuat dari perkiraan awal pemerintah setelah belanja modal perusahaan terbukti dua kali lebih kuat dari yang diperkirakan semula.

Kekokohan yang berkelanjutan dalam investasi bisnis menjadi tanda positif bahwa kekhawatiran atas perlambatan global belum melemahkan sentimen perusahaan.

Kejutan Ekonomi Jepang Sepanjang 2019

“Pengeluaran modal adalah pendorong utama untuk revisi pertumbuhan,” terang Norio Miyagawa, ekonom senior di Mizuho Securities Co., seperti dilansir dari Bloomberg.

“Kekurangan pekerja memaksa perusahaan untuk berinvestasi dalam peralatan yang hemat tenaga kerja, sementara kenaikan pajak penjualan pada 1 Oktober juga mungkin telah mendorong beberapa perusahaan untuk memajukan investasi,” katanya.

Meski angka revisi itu menunjukkan dorongan permintaan domestik terhadap pertumbuhan di Jepang terlepas dari adanya perlambatan global, pengeluaran awal sebelum kenaikan pajak dapat memperkuat kontraksi yang diperkirakan terjadi pada kuartal keempat ketika ekonomi menghadapi dampak dari pajak yang lebih tinggi dan bencana alam.

“Revisi peningkatan yang secara tak terduga tampak besar untuk pertumbuhan PDB kuartal III membuat ekonomi dapat menghadapi penyusutan lebih dalam pada kuartal IV sebagai respons atas pajak penjualan yang lebih tinggi,” ujar Yuki Masujima, Ekonom Bloomberg.

“Masalahnya kemudian adalah apakah ekonomi dapat bangkit kembali untuk menghindari resesi..Pandangan kami adalah bahwa pengeluaran fiskal yang lebih tinggi akan datang untuk menyelamatkan tepat pada waktunya,” tambahnya.

Produk domestik bruto diperkirakan berkontraksi 2,6 persen pada kuartal IV/2019 karena konsumen enggan meninggalkan rumah mereka pascakenaikan pajak penjualan Oktober.

Stimulus Pemerintah

Pada Kamis (5/12/2019), Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan paket stimulus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang menghadapi kemerosotan ekspor, bencana alam, dan dampak dari kenaikan pajak penjualan.

Paket kebijakan tersebut akan mencakup langkah-langkah fiskal senilai 13 triliun yen (US$119 miliar), yang dirancang untuk membantu pemulihan bencana, melindungi terhadap risiko ekonomi, dan mempersiapkan negara setelah Olimpiade Tokyo 2020.

Paket itu bertujuan untuk membuat ekonomi Jepang kembali berjalan dan menghindari kemunduran lebih lanjut dalam permintaan global yang memicu resesi awal tahun depan.

“Paket ekonomi terbaru Jepang kemungkinan tidak akan mendorong pertumbuhan secara signifikan, tetapi akan cukup untuk menghindari kontraksi kuartal ini [keempat] yang berisiko berubah menjadi resesi awal tahun depan,” ungkap Yuki Masujima.

“Perdana Menteri Shinzo Abe mungkin perlu meningkatkan stimulus fiskal pada tahun 2020 jika permintaan luar negeri memburuk lagi," lanjutnya.

Kejutan Ekonomi Jepang Sepanjang 2019

Langkah ini diambil setelah Dana Moneter Internasional (IMF) mengimbau agar Bank Sentral Jepang dan pemerintah dapat bekerja sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. IMF juga memangkas prospek pertumbuhan Jepang untuk ketiga kalinya tahun ini di tengah tantangan global.

IMF memangkas proyeksi pertumbuhannya untuk ekonomi terbesar ketiga dunia tahun ini menjadi 0,8 persen dari proyeksi sebelumnya 0,9 persen, serta potensi perlambatan pada kisaran 0,5 persen untuk tahun depan.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada dasarnya memberikan lampu hijau untuk paket stimulus yang direncanakan Perdana Menteri Shinzo Abe. Dia menyerukan peningkatan pengeluaran pemerintah untuk menopang pertumbuhan dan harga.

IMF juga membuat beberapa rekomendasi agar kebijakan BOJ dapat menjadi lebih berkelanjutan, termasuk obligasi jangka pendek serta menegaskan reformasi struktural yang lebih ambisius untuk mendorong pertumbuhan.

Georgieva mengatakan ketahanan permintaan domestik Jepang akan diuji oleh perlambatan global serentak dalam waktu dekat dan oleh demografi negara itu sendiri, dalam jangka panjang.

“Kebijakan fiskal Jepang harus mendukung untuk melindungi pertumbuhan jangka pendek dan mempromosikan momentum inflasi. Di luar pertimbangan jangka pendek, komitmen yang jelas untuk keberlanjutan fiskal jangka panjang sangat penting,” tambah Georgieva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper