Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bebas Korupsi, DKPPU Kemenhub Bersiap Jadi Badan Layanan Umum

DKPPU Kementerian Perhubungan berhasil mendapatkan penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK).
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  14:36 WIB
Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik. - Bisnis/Istimewa
Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan bersiap menjadi Badan Layanan Umum (BLU) seiring dengan keberhasilannya mendapatkan penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK).

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Avirianto mengatakan ZI-WBK merupakan predikat yang diberikan dari Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya yang mempunyai komitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih.

Pihaknya bersyukur sekaligus tertantang seusai meraih predikat ZI-WBK, karena usaha pembangunan zona integritas yang bebas dari korupsi membuahkan hasil. Hal tersebut akan dipertahankan dengan memberikan pelayanan yang transparan kepada semua pihak berkepentingan terkait.

"Guna meningkatkan pelayanan sekaligus memacu kinerja dan juga mengurangi pengeluaran serta beban negara maka kami saat tengah bersiap menjadi BLU," kata Avirianto dalam siaran pers, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan Pasal 21 Undang-Undang No. 1/2009 tentang Penerbangan, proses sertifikasi pesawat udara, mesin pesawat udara dan baling-baling pesawat terbang diselenggarakan oleh Lembaga Penyelenggara Pelayanan Umum.

Pada Pasal 22 disebutkan proses sertifikasi dikenakan biaya. Adapun, ketentuan lebih lanjut mengenai Lembaga Penyelenggara Pelayanan Umum, serta proses dan biaya sertifikasi diatur dalam Peraturan Menteri.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 122/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan, DKPPU bertugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta evaluasi dan pelaporan di bidang kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara.

Avirianto mengatakan upaya menjadikan DKPPU sebagai BLU bertujuan agar dapat lebih berperan dalam dunia transportasi udara yang semakin kompetitif seperti saat ini. Terlebih, tujuan besarnya adalah meningkatkan keselamatan penerbangan sipil di Indonesia.

Beberapa langkah telah dilakukan untuk berhasil meraih predikat ZI-WBK. Pada Juli 2019, pihaknya melakukan deklarasi pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan sosialisasi penandatanganan pakta integritas.

"Kami telah berkomitmen antikorupsi dan pengendalian gratifikasi DKPPU, dan deklarasi antipungutan liar telah dilakukan di internal," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub pemberantasan korupsi
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top