Sejumlah Ruas Tol Ini Berfungsi Saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Panjang keseluruhan ruas tol yang masih gratis ketika dilalui selama libur Nataru adalah 134,50 kilometer.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 Desember 2019  |  07:48 WIB
Sejumlah Ruas Tol Ini Berfungsi Saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated. - Bisnis/Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah ruas tol dipastikan mulai beroperasi pada masa Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 atau Nataru. Ruas tol tersebut dipastikan dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma sebelum peraturan menteri terkait dengan penarifan jalan tol dirilis.

Usai rapat kerja terkait dengan kesiapan penanganan libur Nataru dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin (2/12/2019), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa panjang keseluruhan ruas tol yang masih gratis saat dilalui selama libur Nataru adalah 134,50 kilometer yang menjadi bagian dari Trans-Sumatra.

Ada empat ruas tol Trans-Sumatra mulai difungsikan selama Nataru. Keempat ruas tersebut adalah tol Kayu Agung—Palembang—Betung sepanjang 33 kilometer, Pekanbaru—Dumai sepanjang 9,50 kilometer, Balikpapan—Samarinda sepanjang 66 kilometer, dan Manado—Bitung sepanjang 26 kilometer.

Selain keempat ruas tol Trans-Sumatra tersebut, ruas lain yang difungsikan selama libur Nataru dan belum dikenakan tarif adalah tol layang Jakarta—Cikampek II sepanjang sekitar 36 kilometer dan ruas tol Kunciran—Serpong sejauh 11 kilometer.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk. Donny Arsal membenarkan bahwa ruas tol Layang Japek II sudah dapat dimanfaatkan masyarakat pada libur Nataru.

"Kalau targetnya memang Nataru sudah dapat difungsikan. Kalau tarif memang masih menunggu keputusaan, kemudian sosialisasi dan seterusnya," ujarnya kepada Bisnis, di Jakarta, Selasa (3/11/2019).

Menteri Basuki pun memastikan bahwa ruas tol layang Japek II tersebut hanya boleh dilalui oleh kendaraan golongan I atau mobil pribadi.

"Kita atur nanti cuma golongan I saja yang naik, truk tetap di bawah," ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, jasa marga, Libur Natal & Tahun Baru

Editor : Zufrizal
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top