PT KAI Rilis KA Dharmawangsa Rute Jakarta-Surabaya, Ini Jadwalnya

Setiap perjalanan dari Jakarta-Surabaya, KA Dharmawangsa akan memakan waktu tempuh selama 11 jam 5 menit.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 02 Desember 2019  |  15:47 WIB
PT KAI Rilis KA Dharmawangsa Rute Jakarta-Surabaya, Ini Jadwalnya
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro (kiri) memeriksa gerbong kereta api (KA) Kamandaka rute Semarang-Purwokerto di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/3). - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah pelayanan perjalanan kereta api dengan meluncurkan KA Dharmawangsa relasi Stasiun Pasar Senen--Surabaya Pasar Turi.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan penambahan layanan tersebut telah sesuai dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019.

“Kami berharap dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya, Senin (2/12/2019).

Dia menjelaskan KA Dharmawangsa berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 08.25 WIB dan akan berhenti di beberapa stasiun, seperti Pegadenbaru – Cirebon Perujakan – Brebes – Tegal – Pekalongan – Waleri – Semarang Tawang – Ngrombo – Randublatung – Cepu – Bojonegoro – Babat – Lamongan, serta stasiun akhir Surabaya Pasar Turi pukul 19.30 WIB.

Setiap perjalanannya, KA Dharmawangsa akan memakan waktu tempuh selama 11 jam 5 menit. Adapun, terdapat tiga kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk (TD) dan enam kereta ekonomi dengan kapasitas 636 TD, sehingga total yang disediakan adalah 786 TD.

Edi menuturkan harga tiket KA Dharmawangsa mengacu pada tarif batas bawah dan tarif batas atas. Relasi Stasiun Pasar Senen--Surabaya Pasar Turi untuk weekday kelas Eksekutif seharga Rp350.000--390.000, kelas Ekonomi Rp150.000.

Untuk akhir pekan, harga tiket kelas Eksekutif Rp350.000--480.000 dan kelas Ekonomi Rp150.000--160.000.

Pembelian tiket KA Dharmawangsa sudah bisa dipesan sejak 1 November 2019 untuk keberangkatan 1 Desember dan seterusnya, melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Dia mengungkapkan filosofi penamaan Dharmawangsa karena merupakan nama seorang raja kerajaan Medang, yaitu mertua sekaligus paman dari Raja Airlangga dari kerajaan Kahuripan.

Kerajaan Medang yang berasal dari Jawa Timur merupakan kerajaan besar yang menurunkan raja-raja besar di Pulau Jawa. 

"Diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, KAI ke depannya semakin besar, jaya dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt kai, gapeka

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top