Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkatkan Kapasitas Migas Nasional, Pemerintah Dorong Kemitraan Pertamina

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PT Pertamina (Persero) mencari mitra strategis untuk mendukung program peningkatan produksi minyak dan gas bumi (migas).
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 26 November 2019  |  14:18 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan sambutan dalam acara Pertamina Energy Forum 2019, Selasa (26/11/2019). - Istimewa
Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan sambutan dalam acara Pertamina Energy Forum 2019, Selasa (26/11/2019). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PT Pertamina (Persero) mencari mitra strategis untuk mendukung program peningkatan produksi minyak dan gas bumi (migas).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan ada beberapa strategi untuk mengoptimalkan produksi migas nasional, seperti yang sudah mulai dilakukan Pertamina.

Menurutnya, ‎strategi jangka pendek berupa memperkuat kapasitas keuangan dan teknis. Pemerintah akan mengizinkan Pertamina bergandeng mitra-mitra tepercaya guna meningkatkan modal.

"Strategi j‎angka panjang, mempertahankan tingkat produksi yang ada, mengubah sumber daya alam menjadi cadangan, melaksanakan EOR dan meningkat eksplorasi‎," ujarnya dalam acara Pertamina Energy Forum (PEF) 2019, Se‎lasa (26/11/2019).

Dia mengakui Indonesia masih mengandalkan sumber daya fosil sebagai energi primer Indonesia. Namun, pemerintah mendorong peningkatan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dengan target 23% pada 2025 sesuai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Paris Agreement.

"Pasokan energi primer di Indonesia masih didominasi oleh energi fosil. Meskipun pangsa minyak dalam bauran energi berkurang, minyak masih memegang peran yang signifikan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengamini bahwa dengan kemitraan dapat meningkatkan kinerja, terutama upaya meningkatkan produksi migas.

“Memang di dunia itu perlu kemitraan, bahkan seperti di Blok Rokan. Kami pun akan menggandeng mitra agar produksi dapat meningkat,” katanya.

Menurutnya, semangat kemitraan di bisnis hulu adalah mendorong produksi dan menemukan cadangan migas baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas Pertamina Energy Forum 2019
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top