Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Serius Bisnis Ambulans Terbang, Whitesky Datangkan Helikopter Gres

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan helikopter menjadi salah satu moda transportasi yang mampu mengevakuasi orang antarlokasi dengan waktu singkat dan bebas hambatan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 19 November 2019  |  18:07 WIB
Helikopter jenis Bell 505 melakukan uji coba pendaratan saat persiapan pengoperasian Terminal Helikopter
Helikopter jenis Bell 505 melakukan uji coba pendaratan saat persiapan pengoperasian Terminal Helikopter "Cengkareng Heliport Intercity" atas kerja sama PT Whitesky Aviation dan PT Angkasa Pura (AP) II, di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Helicity, salah satu layanan sewa helikopter dari Whitesky Aviation, akan mendatangkan satu unit helikopter jenis Bell 505 guna mendukung rencana diversifikasi bisnis untuk layanan heli khusus ambulans dan evakuasi (heli medivac).  

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan helikopter menjadi salah satu moda transportasi yang mampu mengevakuasi orang antarlokasi (point to point) dengan waktu singkat dan bebas hambatan.

Menurutnya, kedatangan helikopter tersebut akan menambah kekuatan armada maskapai menjadi total 5 unit.

"Helikopter akan datang pada akhir Desember atau Januari 2020. Kami inginnya cepat, tetapi biasanya libur Natal membuat pengiriman sedikit tertunda," kata Denon kepada Bisnis.com, Selasa (19/11/2019).

Dia menambahkan heli medivac merupakan alternatif pengganti ambulans dalam mengangkut pasien kritis untuk menuju rumah sakit. Tentunya, rumah sakit yang dimaksud harus mempunyai helipad yang sudah tersertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. 

Helicity akan melakukan penandatanganan kerja sama dalam waktu dekat dengan rumah sakit mitra. Nantinya layanan akan berkembang ke rumah sakit lain sesuai area tertentu.

Dia menargetkan layanan heli medivac sudah bisa dioperasikan pada Januari 2020. Adapun, persiapan layanan heli medivac tersebut sudah dilakukan sejak enam bulan yang lalu.

Persiapan tersebut, imbuhnya, membutuhkan pelatihan khusus bagi paramedis dan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan, terutama untuk helipad di rumah sakit mitra. Petugas medis dan peralatan akan disediakan dari pihak Helicity.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Helikopter inaca
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top