Operator Transportasi Publik di Jakarta Belajar ke Swedia

Sejumlah operator transportasi massal di Jakarta belajar tentang pengelolaan moda angkutan publik Swedia. Para operator berencana berkunjung ke Stockholm awal Desember.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 14 November 2019  |  14:44 WIB
Operator Transportasi Publik di Jakarta Belajar ke Swedia
Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah operator transportasi massal di Jakarta belajar tentang pengelolaan moda angkutan publik Swedia. Para operator berencana berkunjung ke Stockholm awal Desember.

Rencana itu dikemukakan oleh Duta Besar RI untuk Swedia Bagas Hapsoro dalam siaran pers, Kamis (14/11/2019). Bagas hari ini bertemu dengan Direktur Utama PT MRT William Sabandar, Direktur Utama PT Trans Jakarta Agung Wicaksono, dan Direktur PT United Tractors Iman Nurwahyu untuk membicarakan rencana tersebut.

Bagas menjelaskan tujuan utama pertemuan adalah penjajakan rencana kunjungan ketiga perusahaan itu ke Swedia untuk mengembangkan lebih lanjut transportasi publik di Jakarta.

“Swedia sangat membuka diri dalam kerja sama dimaksud dengan keunggulannya pada sektor inovasi, ICT, dan transfer knowledge, dan capacity building. Selain itu, Swedia dapat menjadi benchmark bagi Indonesia, khususnya DKI Jakarta, dalam penyediaan dan pengelolaan transportasi publik di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers.

William mengatakan MRT sangat tertarik untuk belajar dari Swedia. 

“Kami perlu lihat sistem integrasi transportasi publiknya, sistem ticketing, dan aspek lingkungannya,” ujarnya.

Sementara itu, Agung dan Iman menyatakan Swedia merupakan negara terbaik untuk transfer teknologi. 

“Diharapkan Scania dapat melakukan uji coba bus listriknya di Indonesia,” ujar Agung.

KBRI Stockholm telah melakukan serangkaian pertemuan awal berkaitan dengan rencana kunjungan. Pada 5 September 2019, KBRI bertemu dengan Metro Stockholm yang diwakili oleh Direktur International SL Bjorn Homlberg guna mendiskusikan peluang kerja sama antara Pemerintah Daerah Stockholm dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, khususnya dalam hal integrated and sustainable transportation.

Pemerintah Stockholm merupakan pemilik infrastruktur transportasi stasiun, jalur kereta api, dan gerbong KA, tetapi pengoperasiannya diserahkan kepada swasta.

Selain itu, digelar pula pertemuan dengan CEO MTR Nordik Mark Jensen untuk membuka peluang kerja sama transportasi dan mengetahui detail operasi, pemeliharaan, dan manajemen kereta api Kota Stockholm.

MTR Nordik merupakan perusahaan yang memenangkan tender pemerintah Stockholm sejak 2008 untuk mengoperasikan jalur kereta yang sangat padat di kota itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transportasi publik

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top