Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penerbangan Langsung ke KL dan Perth: Kunjungan Wisman Malaysia & Australia Bisa Naik 15%

Dibukanya penerbangan langsung oleh maskapai Citilink dari dan ke Denpasar- Kuala Lumpur dan Denpasar - Perth akan menaikkan jumlah wisman asal Malaysia dan Australia paling tidak 10 hingga 15%. 
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 12 November 2019  |  12:36 WIB
Sejumlah wisman Australia di Pantai Padma, Legian? Bali - Bisnis.com/Feri Kristianto
Sejumlah wisman Australia di Pantai Padma, Legian? Bali - Bisnis.com/Feri Kristianto

Bisnis.com,JAKARTA - Dibukanya penerbangan langsung oleh maskapai Citilink dari dan ke Denpasar--Kuala Lumpur dan Denpasar--Perth diyakini akan menaikkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia dan Australia paling tidak 10% hingga 15%. 

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik, Malaysia dan Australia selama ini menyumbang kontribusi wisman terbesar di Indonesia. Sepanjang Januari--September 2019 wisman asal Malaysia sebanyak 2,3 juta naik 23,37% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,8 juta.

Sementara itu, kunjungan wisman asal Australia pada periode Januari--September 2019 sebanyak 1,01 juta atau naik 4,35% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 973 ribu wisman.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Didien Junaedy mengatakan adanya penerbangan langsung dari dan ke dua negara tersebut bisa menjadi peluang untuk menutupi kekurangan jumlah wisman sebanyak 18 juta yang ditargetkan pada 2019.

"Ya perkiraan sementara mungkin kenaikan 10%-15 % sudah bagus karena memerlukan perkenalan/promosi dulu baik di hub itu sendiri maupun dari origin," katanya kepada Bisnis.com, Senin malam (11/11/2019). 

Menurutnya, selain meningkatkan jumlah wisman dari 2 negara itu, penerbangan langsung tersebut juga bisa jadi hub dan membuka peluang wisman dari negara lain. 

“Di Kuala Lumpur itu kan banyak wisman asal Timur Tengah dan India. Nah dengan adanya penerbangan langsung itu mereka yang ke KL [Kuala Lumpur] punya kesempatan untuk mampir ke Bali. Mereka banyak datang ke KL tapi masih sedikit ke kita.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kunjungan wisman
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top