Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Bangun 4 Pelabuhan Penyeberangan di Sultra, Biaya Rp291 Miliar

Kementerian Perhubungan meresmikan empat pelabuhan penyeberangan di Sulawesi Tenggara. Total dihabiskan anggaran Rp291 miliar dari APBN.
Ilustrasi-Pelabuhan penyeberangan Merak di Kota Celegon, Provinsi Banten./Bisnis-Abdullah Azzam
Ilustrasi-Pelabuhan penyeberangan Merak di Kota Celegon, Provinsi Banten./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan meresmikan empat pelabuhan penyeberangan di Sulawesi Tenggara. Total dihabiskan anggaran Rp291 miliar dari APBN.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pelabuhan penyeberangan ini diharapkan dapat menciptakan konektivitas antarpulau sehingga tercipta penyelenggaraan transportasi yang andal dan terintegrasi. 

Empat pelabuhan penyeberangan itu yakni Raha - Pure di Kabupaten Muna dan Bombana - Tanjung Pising di Kabupaten Bombana. 

Budi menerangkan sejalan dengan pembangunan prasarana tersebut Kemenhub menyiapkan kapal penyeberangan di beberapa tempat.

"Kami sangat berharap bahwa aspek keselamatan di penyeberangan ditingkatkan, seperti harus ada life jacket dalam setiap kapal, sejumlah penumpang yang naik," kata Budi Setiyadi.

Budi berharap kehadiran pelabuhan penyeberangan mampu memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi Tenggara, khususnya Kabupaten Muna dan Kabupaten Bombana. 

"Saya mengingatkan dan meminta kepada seluruh jajaran aparatur perhubungan di daerah agar terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi khususnya angkutan penyeberangan dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan transportasi. Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bertransportasi harus terus menjadi perhatian karena kita harus mampu mengajak masyarakat menciptakan budaya bertransportasi yang aman dan nyaman," tutur Budi.

Budi juga meminta pemerintah kabupaten Muna dan Bombana sebagai pengelola Pelabuhan Penyeberangan agar memperhatikan kondisi fasilitas pelabuhan. Hal itu mellputi sisi kebersihan, ketertiban dan keamanan bagi pengguna jasa angkutan penyeberangan serta melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas pelabuhan dengan rutin.

Keempat pelabuhan penyeberangan tersebut dibangun oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dengan dana dari APBN. Pelabuhan-pelabuhan tersebut telah diserahkan pengelolaannya kepada pemerintah daerah.

Adapun beberapa informasi dari pelabuhan penyeberangan dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Pelabuhan Penyeberangan Raha dibangun dengan biaya APBN selama  3 (tiga) tahun anggaran yaitu TA. 2016 sampai dengan TA. 2018 dengan total biaya Rp69.876.096.000 

2. Pelabuhan Penyeberangan Pure dibangun dengan biaya APBN selama 4 (empat) tahun anggaran yaitu TA. 2015 sampai dengan TA. 2018 dengan total Rp72.790.143.000 

3. Pelabuhan Penyeberangan Bombana dibangun dengan biaya APBN selama 3 (tiga) tahun anggaran yaitu TA. 2015 sampai dengan TA. 2017 dengan total Rp70.032.952.502 

4. Pelabuhan Penyeberangan Tj Pising dibangun dengan biaya APBN selama 3 (tiga) tahun anggaran yaitu TA. 2015 sampai dengan TA. 2017 dengan total Rp80.680.127.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper