Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 2 Wamen di Kementerian BUMN, Bagaimana Bagi Tugas?

Presiden Joko Widodo menunjuk Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin menjadi Wakil Menteri BUMN di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo menunjuk Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin menjadi Wakil Menteri BUMN di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Tiko, panggilan akrab Kartika, dan Budi, akan mendampingi pengusaha swasta yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir. Kementerian BUMN menjadi satu-satunya kementerian yang memiliki dua wakil menteri.

Kebetulan, dua Wakil Menteri BUMN itu pernah berkarir di posisi puncak PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Tiko saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dan Budi adalah direktur utama bank yang sama sebelum Tiko.

Budi sekarang menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) dan dikenal kiprahnya karena membatu proses akuisisi saham PT Freeport Indonesia oleh BUMN.

Budi mengatakan mereka berdua diminta oleh Presiden untuk membantu Erick THohir membuat program yang bisa "mengajak rakyat untuk berusaha dengan baik". Salah satu contohnya, menurut Budi, adalah mengkorporasikan petani dan nelayan.

"Inhutani dan PTPN kalau bisa itu di daerah-daerah bisa merangkul rakyat-rakyat di sekitarnya sehingga jangan sampai rakyat juga jadi miskin," kata Budi seusai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan.

Sementara itu, Tiko menyatakan Jokowi ingin BUMN menjadi kompetitif, menjadi pemain global, menjadi lebih besar serta bersama swasta membangun perekonomian yang solid. Tiko juga mengaku diminta oleh Jokowi untuk membangun daya saing talenta BUMN supaya bisa menjadi talenta nasional.

Mengenai pembagian tugas dua wakil menteri di satu kementerian, Tiko mengatakan Erick Thohir yang akan membagi tugas tersebut. "Nanti sama Pak Erick dibagi-bagi," kata Tiko yang akan mengundurkan diri dari jabatan Direktur Utama Bank Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper