Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian ATR Tunggu Rencana Tata Ruang TOD Stasiun Manggarai

Konsep TOD juga menjadi salah satu skema penataan ruang kota yang akan digagas di ibu kota baru.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  06:57 WIB
Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (4/10). - ANTARA/Aditya Pradana Putra.
Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (4/10). - ANTARA/Aditya Pradana Putra.

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral akan lebih baik dengan terintegrasinya moda transportasi umum atau lebih dikenal dengan istilah transit oriented development.

Kementerian Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berharap agar Pemprov DKI Jakarta segera menyusun rencana detail tata ruang terkait dengan hal tersebut.

Berdasarkan catatan Bisnis, Kementerian ATR/BPN tengah melakukan studi awal pembaruan perkotaan, pengembangan berorientasi transit atau TOD, dan program pemanfaatan tiga bangunan kantor pusat yang ada di Jakarta yaitu yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Agus Salim, dan Jalan Kuningan Barat.

Akan tetapi, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto mengatakan bahwa pihaknya belum menerima kajian terkait rencana pembangunan TOD di Stasiun Manggarai.

"Kalau [kajian] pemindahan Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai, kami [Kementerian ATR/BPN] belum menerima. Namun, rencana TOD di sana itu memang sudah direncanakan. Kami berharap Pemprov DKI Jakarta segera menyusun RDTR [rencana detail tata ruang]-nya," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (9/19/2019).

Selain itu, dia menjelaskan bahwa konsep TOD memang menjadi salah satu skema penataan ruang kota yang akan digagas di ibu kota baru nantinya. Melalui TOD, pemerintah berharap supaya pembangunan infrastruktur kawasan di sekitarnya dapat lebih cepat karena menarik minat para investor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPN stasiun gambir tod
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top