Lion Parcel Siap Dukung Pengiriman UMKM ke Pelosok Negeri

Lion Parcel dapat meningkatkan eksistensi ke pelosok Indonesia seiring dengan kerja sama yang dilakukan dengan Bukalapak.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 05 Oktober 2019  |  13:04 WIB
Lion Parcel Siap Dukung Pengiriman UMKM ke Pelosok Negeri
CEO Lion Parcel Farian Kirana memberikan kata sambutan dalam acara pengukuhan kerja sama dengan Lion Parcel, Sabtu (5/10/2019) - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, BATAM--Lion Parcel dapat meningkatkan eksistensi ke pelosok Indonesia seiring dengan kerja sama yang dilakukan dengan Bukalapak.

CEO Lion Parcel Farian Kirana mengklaim siap menjalankan pengiriman dan jasa logistik yang dapat diandalkan ke berbagai wilayah dalam negeri untuk mendukung pelaku UMKM.

"Melalui kerja sama ini kami dapat semakin terkoneksi dengan jaringan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di daerah pelosok sekalipun," kata Farian, Sabtu (5/10/2019).

Dia optimistis dapat mengambil peran penting tersebut, terlebih dengan hadirnya fitur unggulan, berupa jaminan pengiriman dua kali lebih cepat dibandingkan jasa pengiriman lain. Lion Parcel mampu menghadirkan keunggulan ini dengan dukungan penuh dari armada Lion Air Group dan penerapan key performance index (KPI) yang ketat kepada setiap mitra di seluruh Indonesia.

Pihaknya menuturkan seluruh mitra Lion Parcel di daerah dipantau real time melalui sistem yang tersentralisasi di Jakarta. Dengan demikian seluruh mitra turut berbagi komitmen dan tanggung jawab yang sama di manapun berada.

"Para pelanggan kami termasuk jutaan pelapak di Bukalapak, dapat menjaga kelangsungan bisnisnya melalui hal-hal seperti perputaran modal yang lebih cepat dan kepercayaan yang tinggi dari para pembeli," ujarnya.

Infrastruktur logistik masih kerap menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan dan kelangsungan bisnis UMKM.

Berdasarkan hasil penelitian oleh Supply Chain Indonesia (SCI) yang dilansir oleh PwC, pada tahun 2017 biaya logistik di Indonesia masih tergolong tinggi hingga mencapai 23.5% dari biaya manufaktur. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lain seperti Vietnam (15%), Thailand (13.2%), Malaysia (13%) dan Singapura (8.1%)

Lion Parcel merupakan anak perusahaan Lion Air Group yang bergerak dibidang jasa pengiriman dan pengelolaan logistik dengan capaian pengiriman per hari mencapai puluhan ton. Adapun, salah satu target pasarnya adalah kalangan UMKM (ritel) dan peningkatan volume di wilayah timur Indonesia.

Lion Parcel yang menyediakan layanan berbasis aplikasi yang dilengkapi dengan fitur tracking, dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia karena memiliki jalur penerbangan sendiri menggunakan maskapai Lion Air Group seperti Lion Air dan Wings Air, Malindo Air, dan Thai Lion Air.

Sebelum menggandeng Bukalapak, Lion Parcel sudah melakukan kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk menjangkau pengantaran di wilayah terpencil (remote area), serta dengan Kereta Api Logistik (Kalog) dalam pengembangan pelayanan pengantaran melalui moda transportasi darat untuk seluruh desa/kelurahan di Pulau Jawa.

Selain ranah domestik, perluasan pengiriman ke tujuan internasional juga diwujudkan melalui kerja sama dengan Line Clear Express Sdn Bhd Malaysia. Nantinya akan membuka peluang pengiriman produk UKM, Badan Usaha Milik Desa, dan pengiriman ritel yang bertujuan untuk memperluas pangsa pasar kedua negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
logistik, LION Parcel

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top