Siap-siap, Ada Jalur Baru Bandara YIA ke Borobudur Lewat Bukit Menoreh

Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Ahmad Yani, mengatkaan pihaknya tengah melakukan pemantauan dan mengumpulkan data kesiapan membuka akses ke tempat pariwisata di sekitar kawasan strategi pariwisata nasional.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 September 2019  |  06:57 WIB
Siap-siap, Ada Jalur Baru Bandara YIA ke Borobudur Lewat Bukit Menoreh
Pengunjung menyaksikan matahari terbit pertama tahun 2019 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Selasa (1/1/2019). - ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan menyiapkan konektivitas baru dari Yogyakarta International Airport menuju Candi Borobudur, Magelang menggunakan angkutan umum untuk mendukung tempat wisata yang masuk daftar 10 Bali Baru itu meraih 1 juta turis asing.

Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Ahmad Yani, mengatkaan pihaknya tengah melakukan pemantauan dan mengumpulkan data kesiapan membuka akses ke tempat pariwisata di sekitar kawasan strategi pariwisata nasional (KSPN). Kegiatan ini juga sebagai koordinasi dengan instansi terkait upaya percepatan kesiapan pelayanan angkutan menuju KSPN Borobudur.

"Pembukaan aksesibilitas dari Bandara YIA [Yogyakarta International Airport] menuju Kawasan Borobudur via bedah Menoreh secara umum sudah bisa dilayani angkutan massal walau masih ada beberap titik yang memerlukan perbaikan ataupun peningkatan," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (22/9/2019).

Selanjutnya, dia menyatakan akan dibuka rute pelayanan angkutan umum oleh Kemenhub dari YIA menuju Kawasan Borobudur melalui Rute Bedah Menoreh dan angkutan pengumpan dari Kota Yogyakarta menuju kawasan Wisata Jalur Bedah Menoreh dan Borobudur.

Sementara itu, Kementerian PUPR akan melakukan perbaikan jalan dan pelebaran jalan pada jalur YIA menuju Bedah Menoreh, sedangkan Dinas Pariwisata Jawa Tengah akan melakukan inventarisasi lokasi simpul transportasi untuk angkutan umum.

"Setelah ini, masing-masing instansi akan segera menindaklanjuti hasil pembahasan kegiatan dalam mendukung program dukungan peningkatan jumlah wisman," tuturnya.

Yani mengharapkan pembagian tugas dan rencana aksi itu dapat terealisasi dengan mudah, cepat, dan lancar melalui sinergi yang baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
borobudur, new yogyakarta international airport

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top