Wah, Pelni Siap Layani Rute Nunukan-Surabaya

Sebelumnya pernah ada armada disediakan untuk rute Nunukan-Surabaya yakni KM Egon. Namun, KM Egon ditarik oleh Pelni karena mengalami kerugian.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 September 2019  |  15:38 WIB
Wah, Pelni Siap Layani Rute Nunukan-Surabaya
Kapal Motor (KM) Binaiya meninggalkan dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/6/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, NUNUKAN - PT Pelayaran Nasional Indonesia siap melayani rute Nunukan-Surabaya, Jawa Timur jika Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mengajukan ke pemerintah pusat.

Kepala Operasi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Nunukan M Nurdin menyatakan sebelumnya memang pernah ada armada disediakan untuk rute Nunukan-Surabaya yakni KM Egon. Namun, KM Egon ditarik oleh perusahaan milik negara itu karena mengalami kerugian.

Selama beroperasi, kapal PT Pelni tersebut sering kekurangan penumpang sehingga dianggap belum mampu mengatasi biaya opetasional.

Oleh karena itu, Nurdin menegaskan kembali masalah penambahan armada Pelni menjadi kewenangan pemerintah daerah yang memohon kepada Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Dia menambahkan solusi layanan Nunukan--Surabaya bagi masyarakat menggunakan sarana angkutan laut dengan tarif yang sangat terjangkau bisa diajukan di tengah kenaikan tarif pesawat akhir-akhir ini.

"Sebenarnya patut ada armada Nunukan ke Pulau Jawa. Karena adanya kenaikan tarif pesawat. Hanya saja menjadi kewenangan pemerintah daerah yang mengajukan permohonan kepada Dirjen Hubla," ujarnya seperti dikutip  Antara, Rabu (4/9/2019).

Bila memang ada permintaan armada dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat, PT Pelni selaku perusahaan negara bisa menjalankan layanan transportasi itu.

Sebenarnya, ungkap Nurdin, pengadaan armada rute Nunukan-Pulau Jawa sangat mendesak sesuai keinginan masyarakat di daerah itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelni

Sumber : Antara

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top