Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kail Peluang Ekspor di Expo 2020 Dubai

Indonesia mengail peluang peningkatan ekspor dengan mengikuti pameran branding terbesar di dunia, Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab, pada 20 Oktober 2020—10 April 2021.
Ivan Cignetti dari Livorno, Italia pengunjung kesejuta Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015/Istimewa
Ivan Cignetti dari Livorno, Italia pengunjung kesejuta Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia mengail peluang peningkatan ekspor dengan mengikuti pameran branding terbesar di dunia, Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab, pada 20 Oktober 2020—10 April 2021.

 Ajang ini merupakan peluang untuk membangun image branding Indonesia sdi mata dunia dan meningkatkan ekspor Indonesia secara keseluruhan, khususnya ekspor produk nonmigas, sesuai dengan subtema yang dipilih paviliun Indonesia yaitu Opportunity.

Partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai tersebut telah disampaikan Presiden Joko Widodo melalui surat kepada Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed Bin Rasyid Al Maktoum pada 1 September 2016.

“Partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai merupakan wujud kerja sama aktif pemerintah dan swasta,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Arlinda selaku Komisaris Jenderal Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, dalam siaran pers pada Kamis (1/8/2019).

Pada Expo 2020 Dubai ini, PT Samudra Dyan Praga ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan dan Paviliun Indonesia didesain oleh perusahaan anak bangsa yaitu PT. Wijaya Karya. Saat ini desain sudah disetujui pihak penyelenggara.

Pelaksanaan peletakan batu pertama paviliun direncanakan pada 9 September 2019 dan pembangunannya akan dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Tbk. yang dijadwalkan berlangsung sampai dengan bulan April 2020.

Sementara itu, untuk perhitungan mundur pada situs webnya dijadwalkan pada akhir bulan Agustus 2019.

“Expo 2020 Dubai diproyeksikan akan menarik 25 juta pengunjung dari seluruh dunia. Tercatat sebanyak 190 negara akan berpartisipasi pada Dubai 2020 Expo dan 94 di antaranya telah menyerahkan tema resmi, bahkan 17 negara sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan pavilliun,” ungkap Arlinda.

Arlinda menambahkan, dengan partisipasi pada Expo 2020 Dubai ini, diharapkan Indonesia dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata dan investasi di kawasan timur tengah maupun pasar internasional lainnya.

”Selain itu, dapat meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional. Kemendag juga mengimbau dukungan dari pemerintah daerah dalam aktivasi Paviliun Indonesia selama berlangsungnya Expo 2020 Dubai,” pungkasnya.

World Expo merupakan acara ketiga terbesar dunia setelah Piala Dunia dan Olimpiade. World Expo berawal dari sebuah pameran di London yang bernama Great Exhibition yang dihelat tahun 1851.

World Expo secara historis berhasil menampilkan penemuan dan inovasi baru yang membawa pembaruan bagi dunia, promosi dan pertukaran budaya; serta media untuk memperkenalkan dan mempromosikan kota, wilayah, dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper