Presiden Jokowi Tinjau Rencana Pembangunan Jembatan Tano Ponggol di Samosir

Pembangunan jembatan Tano Ponggol merupakan bagian dari rencana pembenahan kawasan Danau Toba.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  16:16 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Rencana Pembangunan Jembatan Tano Ponggol di Samosir
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja meninjau pelebaran alur dan rencana pembangunan jembatan Tano Ponggol di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Rabu (31/7/2019). - Dok. Biro Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo meninjau pelebaran alur dan rencana pembangunan jembatan Tano Ponggol di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, pada hari terakhir kunjungan kerja di provinsi tersebut, Rabu (31/7/2019).

Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis oleh Sekretaris Presiden, jembatan tersebut nantinya dapat memudahkan wisatawan yang hendak menuju Pulau Samosir melalui jalur darat. Di lokasi tersebut, Presiden Jokowi kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk membenahi kawasan Danau Toba agar menjadi destinasi wisata yang menarik.

Dalam pengembangan kawasan Danau Toba ini, penataan lokasi wisata serta pembangunan infrastruktur pendukung akan berjalan secara paralel atau bersamaan. Presiden juga akan memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pengembangan kawasan Danau Toba.

“Desa adat, desa ulos, semuanya juga akan direhabilitasi total. Pasarnya, pasar suvenir, kemudian pasar yang di sini juga akan dikerjakan tahun ini dan tahun depan. Termasuk, dua dermaga pelabuhan akan diselesaikan semua, sehingga kapalnya juga akan dibelikan lagi, ditambah. Dermaganya semua selesai, setelah itu kita akan promosikan, akan marketing [pasarkan] secara besar-besaran Danau Toba,” ujar Jokowi usai meninjau Tano Ponggol.

Kendati promosi telah dimulai, menurut Presiden, promosi secara besar-besaran akan dimulai pada 2020. Dia berharap semua produk wisata di kawasan Danau Toba sudah selesai dikembangkan pada 2020.

“Produknya ya tadi, desa adat, desa ulos, pasarnya, pasar suvenir, semuanya, jalannya siap, dermaganya siap, termasuk ini terusan Tano Ponggol selesai. Ini pekerjaan besar, dilebarkan 80 meter sehingga nanti kapal itu bisa muter Pulau Samosir,” lanjut Jokowi.

Selepas beristirahat dan santap siang, Kepala Negara melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi Taman Bumi Kaldera Toba yang terletak di Desa Sigulatti, Kabupaten Samosir.

Selanjutnya, sebelum bertolak menuju Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Presiden akan meninjau proyek percontohan pengembangan peternakan sapi jenis belgian blue di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, danau toba

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top