Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Gandeng IATA, Inggris dan Australia Bahas Keamanan Kargo Udara

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan IATA, Inggris, dan Australia menggelar Air Cargo Security Workshop guna mempererat kerja sama di bidang transportasi udara terutama dalam meningkatkan sistem keamanan kargo udara.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  18:03 WIB
BISNIS - Kemenhub
BISNIS - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan International Air Transport Association, Inggris, dan Australia menggelar Air Cargo Security Workshop guna mempererat kerja sama di bidang transportasi udara terutama dalam meningkatkan sistem keamanan kargo udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti mengatakan bahwa pertemuan itu akan  membahas Standards and Recommended Practices (SARPs) tentang tanggung jawab untuk mengamankan kargo udara dan pos terhadap tindakan melawan hukum.

Hal tersebut disesuaikan dengan International Civil Aviation Organization (ICAO) Annex 17 tentang Aviation Security dan Aviation Security manual (Doc 8973) secara umum.

"Kami berharap pelaksanaan workshop tersebut dapat memberikan masukan positif untuk  meningkatkan sistem keamanan kargo dan pos  yang diangkut menggunakan pesawat udara di Indonesia," katanya dalam siaran pers, Selasa (23/7/2019).

Selain memperkuat regulasi angkutan kargo menggunakan pesawat udara, dia menegaskan kerja sama itu juga dapat memperkuat hubungan Indonesia dengan negara lain di bidang penerbangan.

Indonesia juga dapat mengikuti perkembangan teknologi penerbangan terutama dalam meningkatkan sistem keamanan kargo udara. 

Pembahasan dalam kegiatan tersebut mencakup risiko dan ancaman angkutan kargo, tanggung jawab dalam mengamankan angkutan kargo dan pos terhadap tindakan melawan hukum berdasarkan Annex 17 dan Doc 8973, serta regulasi dan standar angkutan kargo di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pengawasan dan jaminan angkutan kargo.

Selain itu, melakukan pembahasan peraturan dan masalah yang mempengaruhi agen dan maskapai penerbangan, serta hasil dan konsolidasi tindaklanjut.

Direktur Keamanan Penerbangan, Dadun Kohar, menuturkan kegiatan itu dapat menjadi ajang untuk bertukar pengalaman antara Indonesia dengan Inggris dan Australia terkait dengan sistem keamanan kargo udara. 

"Forum ini juga dapat menjawab solusi terkait dengam masalah-masalah dalam sistem keamanan kargo udara. Selain itu, juga untuk meningkatkan kompetensi para inspektur penerbangan di bidang keamanan penerbangan," ujar Dadun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Keamanan Penerbangan, Dadun Kohar dan dan dihadiri oleh Aviation Security Liaison Officer (ASLO) British Embassy, Elizabeth Mehmood dan First Secretary (Transport), Risk and Internasional Australian Embassy, David Scott.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kargo udara Kemenhub
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top