Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pascagempa Labuha 7,2 SR, Aktivitas di Pelabuhan Babang Normal Lagi

Operasional pelayanan dan aktivitas transportasi laut di Pelabuhan Babang Kabupaten Halmahera Selatan kembali normal pascagempa bumi berkekuatan 7.2 SR terjadi di Labuha, Maluku Utara pada Minggu (14/7/2019) pukul 16.10 WIT.
Pelabuhan Babang. Kemenhub
Pelabuhan Babang. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA -- Operasional pelayanan dan aktivitas transportasi laut di Pelabuhan Babang Kabupaten Halmahera Selatan kembali normal pascagempa bumi berkekuatan 7.2 SR terjadi di Labuha, Maluku Utara pada Minggu (14/7/2019) pukul 16.10 WIT.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ahmad mengatakan gempa bumi itu menyebabkan sejumlah fasilitas pelabuhan rusak.

Menurutnya, laporan dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas II Babang menyatakan bahwa operasional dan aktivitas pelayaran di pelabuhan tersebut sudah kembali normal.

“Kepala UPP Babang sudah diperintahkan untuk menginventarisir kerusakan fasilitas pelabuhan Babang untuk selanjutkan dilakukan program rehabilitasi kerusakan dimaksud pascagempa tersebut,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (15/7/2019).

Ahmad juga mengingatkan para petugas di pelabuhan tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan pascagempa tersebut. Dia juga meminta pengelola pelabuhan melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap sarana dan prasarana yang ada.

Sementara itu, Kepala UPP Kelas II Babang Jufri Rachmat mengatakan bahwa gempa susulan terus terjadi dan menyebabkan beberapa fasilitas pelabuhan UPP Babang terjadi kerusakan yang menyebabkan aktivitas pelayaran sempat dihentikan.

Gempa terjadi di Labuha Maluku Utara terjadi berulang-ulang sehingga terjadi kerusakan ringan. “Kerusakan itu di antaranya terminal penumpang pelabuhan Babang sebagian besar plafonnya rusak, Dermaga pelabuhan Babang retak, Talud pelabuhan Babang retak sehingga tadi malam aktivitas pelayarannya dihentikan,” ujar Jufri.

Adapun, aktivitas kantor UPP Babang dan pelayanan serta aktivitas kepelabuhanan berjalan seperti biasa dan para petugas sedang melakukan pengecekan sarana dan prasarana pelabuhan pascagempa tersebut.

Pelabuhan Babang di Pulau Bacan Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara merupakan pelabuhan paling strategis dalam mendukung kelancaran lalu lintas orang dan barang dari dan ke Halmahera Selatan. 

Sebagai informasi, gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang wilayah Labuha. Episentrum gempa tersebut berada pada titik koordinat 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Barat atau berjarak 62 km Timur Laut Labuha, Maluku Utara. Ada pun gempa tersebut berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper