Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayar Penyanyi Jalanan Kini Bisa Pakai QR Code Go-Pay

Dengan pemasangan QR code ini, selain masyarakat dapat lebih mudah mengapresiasi karya mereka melalui metode pembayaran non-tunai, musisi jalanan dapat mengakses pendataan transaksi harian dengan lebih mudah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- GO-PAY, uang elektronik bagian dari ekosistem GOJEK menjalin kerjasama dengan musisi jalanan yang tergabung dalam Institut Musik Jalanan (IMJ) untuk memanfaatkan metode pembayaran nontunai melalui QR Code.

Pada tahap pertama kerjasama ini, terdapat lebih dari 80 musisi jalanan, baik individu maupun grup di bawah naungan IMJ yang akan mendapatkan QR code dan dipasangkan pada alat musik mereka.

Dengan pemasangan QR code ini, selain masyarakat dapat lebih mudah mengapresiasi karya mereka melalui metode pembayaran non-tunai, musisi jalanan dapat mengakses pendataan transaksi harian dengan lebih mudah. Di samping itu, musisi jalanan juga dapat melakukan perencanaan untuk mengatur pengeluaran harian, termasuk juga pemasukan dan penarikan tunai.

Aldi Haryopratomo, CEO GO-PAY mengatakan kerjasama ini merupakan salah satu bentuk inisiasi GO-PAY merangkul lebih banyak masyarakat agar lebih mengenal dan memanfaatkan layanan keuangan secara digital, termasuk para musisi jalanan.

“Diharapkan lewat kolaborasi ini kami dapat mendukung para musisi jalanan yang berada di bawah naungan IMJ untuk dapat memiliki akses ke lembaga keuangan formal dimana mereka dapat memiliki rekening tabungan. Selain itu, juga memberikan ruang yang lebih besar untuk berkarya guna meningkatkan taraf dan kualitas hidup mereka,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (21/6/2019).

Sementara itu, Andi Malewa, Pendiri Institut Musik Jalanan menyambut hangat kolaborasi antara GO-PAY dengan IMJ. Diakui olehnya bahwa seringkali musisi jalanan mendapatkan stigma negatif di mata masyarakat. Namun di IMJ, selama hampir 5 tahun terakhir pihaknya terus membantu mereka meningkatkan kualitas hidup melalui beragam pelatihan yang dilakukan secara rutin.

"Dengan beragam program yang dijalankan, kini pendapatan mereka meningkat pesat hingga 300%. Melalui kolaborasi ini, kami berharap musisi jalanan bisa mendapatkan edukasi keuangan digital serta mendapat akses lebih luas ke ruang untuk berkarya dengan memanfaatkan ekosistem GOJEK. Dengan demikian, stigma negatif pada musisi jalanan mulai berubah sekaligus meningkatkan taraf dan kualitas hidup mereka,” tuturnya.

Sejumlah musisi jalanan yang mendapatkan QR code dari GO-PAY merupakan musisi yang telah mengikuti program standarisasi IMJ. Para musisi jalanan tersebut terlebih dulu mengikuti serangkaian program dan tes dibawah bimbingan dua dosen tetap IMJ, yakni Ridho Hafiedz dan Glenn Fredly.

Dalam program ini, seluruh musisi jalanan IMJ juga diharuskan lulus ujian tes kesehatan (anti narkoba) dan berkelakuan baik.

Ridho dan Glenn pun menyampaikan harapan mereka agar pemberdayaan musisi jalanan melalui literasi keuangan dengan teknologi pembayaran digital yang diberikan oleh GO-PAY dapat semakin memudahkan mereka dalam berkarya serta meningkatkan kemampuan mereka dalam pengaturan keuangan.

“Kami berharap kedepannya, program ini dapat berkembang dan menjangkau bagian lain dari ekosistem industri musik di Indonesia,” ujar Glen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper