Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerbangan 13 Pesawat Jet Dipindah dari Sastranegara ke Kertajati

AP II tengah mengalihkan rute penerbangan domestik yang menggunakan pesawat jet ke dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 17 Juni 2019  |  09:22 WIB
Ilustrasi - Penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12). - Bisnis/Rachman
Ilustrasi - Penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) akan pindahkan penerbangan 13 pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat.


AP II tengah mengalihkan rute penerbangan domestik yang menggunakan pesawat jet ke dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.


Hal ini sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bernomor AV.004/0274/KUM/DRJU/VI/2019 tertanggal 13 Juni 2019.


VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano mengatakan pengalihan penerbangan tersebut masih dalam proses karena terdapat beberapa aspek administratif yang harus dipersiapkan maskapai.

"Masih dalam proses, ada beberapa aspek secara administrasi yang perlu dipersiapkan teman-teman maskapai dan akan dikejar di bulan ini rencananya secara bertahap," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (16/6/2019).


Dia menyebutkan, ada sekitar 26 penerbangan atau 13 pesawat jet yang akan dipindahkan. Keduapuluh enam penerbangan tersebut adalah akumulasi dari keberangkatan dan kedatangan pesawat tersebut.


Dia menuturkan, fasilitas yang terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan, baik itu di Husein Sastranegara dan Kertajati, sudah bisa dipenuhi.


Dia menuturkan, kebutuhan maskapai menjelang perpindahan penerbangan ini antara lain terkait dengan sistem penjualan tiket dan rotasi pesawat yang memang membutuhkan perhitungan matang agar tidak mengganggu operasional secara keseluruhan.


Di samping itu, maskapai juga tentunya membutuhkan waktu guna menyosialisasikan adanya perpindahan penerbangan. Selain itu, maskapai perlu memproses izin rute yang baru untuk dapat melayani penerbangan dari Kertajati, serta memperoleh slot penerbangan di bandara.


“Saat ini AP II bersama-sama dengan seluruh stakeholder lain termasuk maskapai tengah mempersiapkan agar perpindahan penerbangan dari Husein Sastranegara ke Kertajati dapat segera direalisasikan. AP II berkomitmen membantu maskapai agar perpindahan berjalan mulus,” ujarnya.


Menurutnya, sampai maskapai siap memindahkan penerbangan, maka jadwal keberangkatan dan kedatangan seluruh rute penerbangan domestik masih melalui Husein Sastranegara.


“Prioritas kami adalah membantu maskapai agar bisa secepatnya mengalihkan penerbangan domestik yang beroperasi dengan pesawat jet untuk bisa pindah ke Kertajati, kami sangat terbuka mendengar permintaan mereka,” ujarnya.


Adapun seluruh penerbangan rute internasional dan penerbangan domestik dengan pesawat propeller atau baling-baling akan tetap dilayani melalui Husein Sastranegara.


Pengoperasian kedua bandara tersebut jelasnya, dapat saling melengkapi dan mendukung satu sama lain guna mendukung pertumbuhan sektor penerbangan nasional secara efektif dan efisien.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan bandara kertajati bandara husein sastranegara
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top