BI Buka Ruang Penurunan Suku Bunga Demi Dorong Pertumbuhan

Bank Indonesia membuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  21:59 WIB
BI Buka Ruang Penurunan Suku Bunga Demi Dorong Pertumbuhan
Gubernur BI Perry Warjiyo berbicara dalam seminar bertema Digital Transformation for Indonesian Economy, Senin (27/5/2019). Bisnis - M. Richard

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia membuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Dengan demikian, bank sentral secara eksplisit bisa memangkas suku bunga acuan ke depannya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan arah kebijakan akomodatif tersebut akan diambil dengan memperhatikan sejumlah perkembangan, a.l. kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian domestik.

"BI akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian Indonesia, dalam mempertimbangkan terbukanya ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong ekonomi dalam negeri," ujar Perry, Selasa (11/06/2019).

Sejalan dengan ini, BI juga masih terus menjalankan kebijakan makroprudensial yang akomodatif melalui berbagai instrumen, termasuk financing to funding ratio (FFR).

"Kami juga akan terus mendorong pendalaman pasar keuangan untuk mendukung pembiayaan ekonomi."

BI tetap berkomitmen untuk menyalurkan likuiditas kepada perbankan dalam rangka memenuhi permintaan kredit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, Suku Bunga

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top