JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019:  Lakukan Ini Agar Nyaman Berlayar dengan Ferry 

Usahakan duduk di kabin bagian tengah yang posisinya lebih rendah.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  22:46 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019:  Lakukan Ini Agar Nyaman Berlayar dengan Ferry 
Kapal ferry mengangkut penumpang di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (28/5/2019). Arus pemudik di pelabuhan tersebut terpantau mulai ramai namun masih lancar. - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, BULELENG — Pelabuhan biasanya akan lebih ramai saat mudik dibandingkan dengan hari-hari biasa. Antrean panjang dan padatnya kendaraan harus bisa diantisipasi.

Dilansir dari Pegipegi.com, berikut tips yang bisa membantu anda, terkhusus bagi yang membawa rombongan seperti keluarga.

1. Pemesanan tiket akan lebih mudah jika dipesan secara online jauh-jauh hari. Pastikan tujuan, tanggal keberangkatan, jenis layanan, hingga data penumpang yang akan menyeberang benar.

2. Terkait parkir kendaraan, kapal ferry dapat menampung berbagai kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, bus, hingga truk. Agar mudah keluar, posisikan kendaraan di ujung pintu keluar. Namun, jika ingin kendaraan aman, anda bisa posisikan kendaraan di tengah.

3. Jangan lupa malan secukupnya. Jika memiliki riwayat mabuk laut, akan terasa wajib selektif soal makanan apa yang harus dikonsumsi. Tapi yang jelas, hindari banyak konsumsi minuman soda dan beralkohol. Untuk makanan, hindari sajian pedas dan berlemak sebelum dan selama berlayar.

4. Pilihlah posisi duduk yang nyaman. Usahakan duduk di kabin bagian tengah yang posisinya lebih rendah. Menurut penelitian, posisi tersebut menerima guncangan yang lebih kecil ketimbang posisi yang lain. Layaknya kereta api, beberapa kapal memiliki formasi tempat duduk yang saling berhadapan.

Demi menghindari mabuk laut, kamu wajib duduk menghadap ke arah kapal tersebut bergerak. Jika membelakangi arah gerak kapal, tubuh akan kehilangan keseimbangan yang berujung mual.

5. Anda bisa menikmati fasilitas di kapal, biasanya beberapa kapal memiliki bioskop, ruang tidur nyaman, hingga tempat karaoke. Jika lapar, jangan ragu untuk segera memesan makanan di kafetaria yang tersedia. Intinya, buat senyaman mungkin diri anda.

6. Jangan lupa periksa barang bawaan. Jika perjalanan sudah berakhir, silahkan periksa barang bawaan sebelum turun. Pastikan, tidak ada yang tertinggal.

7. Demi keselamatan, disarankan untuk tetap berada di bangku penumpang sampai ada arahan dari petugas ketika kapal ferry akan bersandar. Setelah itu, silahkan bergegas turun dan kembali ke kendaraan Anda. Usahakan lebih awal agar antrean keluar kapal lebih efisien.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top