JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: ASDP Ketapang Siapkan 32 Kapal Layani Pemudik

Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan Ketapang Gilimanuk optimistis mampu mengakomodir seluruh pemudik yang akan menyeberang dari Bali ke Jawa maupun sebaliknya.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  16:24 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: ASDP Ketapang Siapkan 32 Kapal Layani Pemudik
Suasana Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, pada saat mudik, Senin (3/6/2019). - JIBI/Yustinus Andri

Bisnis.com, BANYUWANGI—Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan Ketapang  optimistis mampu mengakomodir seluruh pemudik yang akan menyeberang dari Bali ke Jawa maupun sebaliknya.

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang-Banyuwangi Fahmi Alweni mengatakan pihaknya telah menerjunkan 32 kapal yang terbagi pada 7 dermaga untuk melayani penyeberangan selama periode mudik Lebaran 2019.

Berdasarkan perhitungan selama H-7 Lebaran atau 29 Mei 2019 hingga H-3 Lebaran atau Minggu (2/6/2019), ASDP Ketapang - Gilimanuk telah melayani 374.000 penumpang, 69.400 kendaraan roda dua, dan 30.062 kendaraan roda empat.  Bahkan, dari perhitungan H-8 hingga H-3 lebaran, jumlah penumpang mengalami kenaikan 22% dibandingkan periode sama tahun lalu. Begitu juga dengan kendaraan roda dua, roda empat, dan bus yang pada H-8 hingga H-3 mengalami kenaikan masing-masing sebesar 12%, 21%, dam 18% dibanding periode sama tahun lalu.

Lonjakan penumpang tertinggi terjadi pada H-3 lebaran dibanding tahun lalu dengan kenaikan 7% penumpang, 4% kendaraan roda dua, 12% kendaraan roda empat, dan 45% bis.

"Itu lonjakan yang sangat signifikan, hal itu karena mahalnya tiket pesawat dan adanya jalan tol trans Jawa," katanya kepada Tim Jelajah Jawa Bali 2019, Senin (3/6/2019).

Menurutnya, selain jumlah armada dan dermaga yang memenuhi kebutuhan penumpang, ASDP Ketapang-Gilimanuk juga menyiapkan 8 unit loket portable pada masing-masing pelabuhan sebagai tambahan selain yang eksisting. Loket portable tersebut dimanfaatkan saat terjadi antrian panjang kendaraan yang akan melakukan penyebrangan.

"Kita jaga kenyamanan pengguna jasa dengan memasang tenda-tenda agar tidak kepanasan maupun kehujanan," katanya.

 

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini))

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top