JELAJAH JAWA BALI 2019: Istirahat di Posko Kesehatan, Banyak Fasilitas Gratis

Selain pos lalu lintas, jalur mudik selalu dimanfaatkan oleh instansi pemerintahan maupun swasta dengan membuka pos kesehatan. Fasilitas yang di tawarkan juga beragam.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  14:08 WIB
JELAJAH JAWA BALI 2019: Istirahat di Posko Kesehatan, Banyak Fasilitas Gratis
Salah satu posko mudik yang bisa dimanfaatkan pemudik secara gratis, salah satunya kursi pijat. - Tim jelajah Jawa Bali

Bisnis.com, BREBES - Rasa lelah memang tidak dapat terhindarkan saat mudik. Memanfaatkan berbagai faslitas di posko kesehatan sepanjang jalur Pantura merupakan solusi tepat.

Selain pos lalu lintas, jalur mudik selalu dimanfaatkan oleh instansi pemerintahan maupun swasta dengan membuka pos kesehatan. Fasilitas yang di tawarkan juga beragam.

Misalnya posko Kementerian Perhubungan di Jembatan Timbang, Brebes, Jawa Tengah. Ragam layanan diberikan seperti kursi pijat, makanan ringan, minuman, kasur hingga peta jalur tol maupun arteri pulau Jawa - Bali.

Bohang Koordinator Lapangan Posko dan Rest Area Brebes Kementerian Perhubungan mengatakan seluruh layanan gratis digunakan oleh pemudik maupun pengendara.

Mayoritas pemudik menggunakan lokasi tersebut untuk sekadar istirahat serta mencoba dua unit kursi pijat. Posko Kemenhub tersebut telah dibuka sejak 29 Mei hingga hari H Lebaran.

"Pemudik paling banyak memilih beristirahat di sini saat malam hari. Kami juga sediakan tikar cukup luas untuk peristirahatan pemudik," katanya, Jumat (31/5/2019).

Di Jembatan Timbang Brebes, setidaknya terdapat dua posko. Selain Kemenhub, pos lainnya berasal dari Dinas Kesehatan Brebes.    Pos terakhir menyediakan tabung oksigen dan perawatan medis sederhana untuk mengantisipasi pemudik yang kelelahan.

Petugas Medis Rohadi mengatakan pos tersebut terus dijaga oleh petugas selama 24 jam secara bergiliran. Pihaknya juga siaga jika mendapati pemudik dalam kondisi kesehatan yang buruk dengan rujukan.

"Jika kondisi kesehatan pemudik dalam bahaya, maka kami akan evakuasi ke rumah sakit terdekat," katanya.

Pemudik di jalur Pantura baik pengendara roda dua maupun empat diminta tidak segan untuk berkunjung ke pos kesehatan untuk memompa kembali tenaga sebelum melanjutkan perjalanan.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top