JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019: Sulitnya Cari Warteg di Tegal

Saat memasuki kawasan Tegal, Jawa Tengah, justru tidak ditemukan warteg. Sekitar lebih dari satu jam Tim Jelajah Lebaran Jawa–Bali 2019 melintasi Tegal, tak satupun ditemukan warteg.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  13:58 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019: Sulitnya Cari Warteg di Tegal
Pemudik sepeda motor mulai tampak memadati Jalur Pantura menuju Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019). - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019

Bisnis.com, TEGAL — Warung Tegal atau Warteg merupakan tempat makan yang dapat ditemukan di hampir seluruh tempat, dari perkotaan hingga perdesaan. Tetapi, sulit menemukannya di Tegal, kota tempat asalnya.

Sepanjang perjalanan di jalur Pantura arteri, Tim Jelajah Lebaran Jawa–Bali 2019 selalu mencermati tempat-tempat makanan dan jajanan. Terlebih saat berpuasa, tempat makan terasa lebih menarik untuk dikunjungi.

Di beberapa titik seperti Karawang dan Cirebon, Jawa Barat, warteg dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan. Pun di wilayah Jawa Tengah seperti Brebes, Tim Jelajah Lebaran Jawa–Bali 2019 masih dapat menemukan warteg yang beberapa disinggahi oleh pemudik yang tengah beristirahat.

Saat memasuki kawasan Tegal, Jawa Tengah, justru tidak ditemukan warteg. Sekitar lebih dari satu jam Tim Jelajah Lebaran Jawa–Bali 2019 melintasi Tegal, tak satupun ditemukan warteg.

Meskipun begitu, di sepanjang jalur berjejer warung makan dengan susunan meja dan kursi khas warteg. Sambutan yang diterima pelanggan pun akan sama seperti warteg di seluruh penjuru Indonesia.

"Karo opo mas/mba?"

Selain itu, warung makan itu pun menyajikan cara pelayanan 'layar sentuh' yang khas warteg. Pembeli dapat menyentuh kaca sambil menunjuk lauk yang diinginkan, lalu 'voila', makanan akan tersaji.

Jangan lupa, selama mudik di jalur Pantura arteri pastikan tubuh selalu dalam kondisi sehat dan prima. Jika hendak berbuka puasa atau beristirahat, Anda dapat berkunjung ke warung makan di Tegal, atau warteg di luar Tegal.

"Maem kene opo bungkus?"

Tim Jelajah Jawa Bali: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top