Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dharma Lautan Utama Dapat Dispensasi Hingga 60 Persen Saat Lebaran

PT Dharma Lautan Utama (DLU) memperoleh dispensasi penambahan penumpang sekitar 15% hingga 60% dari kapasitas kapal yang dioperasikan selama Lebaran 2019.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  20:19 WIB
Ilustrasi - Kapal milik Dharma Lautan Utama - Bisnis
Ilustrasi - Kapal milik Dharma Lautan Utama - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Dharma Lautan Utama (DLU) memperoleh dispensasi penambahan penumpang sekitar 15% hingga 60% dari kapasitas kapal yang dioperasikan selama Lebaran 2019.


Dispensasi diberikan bagi 12 kapal di 11 lintasan yang berlaku sejak 21 Mei (H-15) hingga 21 Juni (H+15), berdasarkan persetujuan yang dikeluarkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat.


Direktur Usaha DLU Rakhmatika Ardiyanto mengatakan, besaran dispensasi sama dengan yang diterima tahun lalu. "Dispensasi diberikan berdasarkan kemampuan akomodasi kapal dan kesanggupan menambah alat-alat keselamatan," katanya, Rabu (29/5/2019).


DLU sanggup memenuhi syarat penyediaan alat-alat keselamatan sebanyak 125% dari total kapasitas existing plus dispensasi. Rakhmatika memberi gambaran, total kapasitas kapal terendah 640 pax per hari dan yang terbanyak 1.600 pax per hari.


Rakhmatika menuturkan, saat ini tingkat keterisian kapal berkisar 70%--80% atau penjualan seat masih tersedia. Menurut dia, meskipun DLU sudah membuka penjualan tiket secara online sejak H-30, masih banyak konsumen yang tetap membeli tiket on the spot. Rute yang selama ini ramai selama masa mudik dan balik Lebaran adalah Sampit-Surabaya dan Kumai-Surabaya.


"Perilaku mereka relatif masih belum berubah. Pekerja-pekerja perkebunan sawit biasanya baru turun [mudik] menjelang Lebaran dan mereka membeli tiket langsung di pelabuhan," jelasnya.


Selain itu, ada pula pengaruh jadwal ujian nasional yang jatuh sebelum bulan puasa sehingga arus pemudik sebagian terdistribusi pada awal Ramadhan.

Berikut ini adalah 12 Kapal DLU yang menerima dispensasi penambahan penumpang:

1. KM Kumala
2. KM Dharma Kartika IX
3. KM Kirana IX
4. KM Dharma Ferry VII
5. KM Dharma Rucitra VII
6. KM Satya Kencana III
7. KM Kirana III
8. KM Kirana
9. KM Dharma Rucitra IX
10. KM Dharma Kencana
11. KM Kirana I
12. KM Dharma Ferry II

Sumber: PT Dharma Lautan Utama, 2019
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran Mudik Lebaran dharma lautan utama
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top