Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dharma Lautan Utama Dapat Dispensasi Hingga 60 Persen Saat Lebaran

PT Dharma Lautan Utama (DLU) memperoleh dispensasi penambahan penumpang sekitar 15% hingga 60% dari kapasitas kapal yang dioperasikan selama Lebaran 2019.
Ilustrasi - Kapal milik Dharma Lautan Utama/Bisnis
Ilustrasi - Kapal milik Dharma Lautan Utama/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Dharma Lautan Utama (DLU) memperoleh dispensasi penambahan penumpang sekitar 15% hingga 60% dari kapasitas kapal yang dioperasikan selama Lebaran 2019.


Dispensasi diberikan bagi 12 kapal di 11 lintasan yang berlaku sejak 21 Mei (H-15) hingga 21 Juni (H+15), berdasarkan persetujuan yang dikeluarkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat.


Direktur Usaha DLU Rakhmatika Ardiyanto mengatakan, besaran dispensasi sama dengan yang diterima tahun lalu. "Dispensasi diberikan berdasarkan kemampuan akomodasi kapal dan kesanggupan menambah alat-alat keselamatan," katanya, Rabu (29/5/2019).


DLU sanggup memenuhi syarat penyediaan alat-alat keselamatan sebanyak 125% dari total kapasitas existing plus dispensasi. Rakhmatika memberi gambaran, total kapasitas kapal terendah 640 pax per hari dan yang terbanyak 1.600 pax per hari.


Rakhmatika menuturkan, saat ini tingkat keterisian kapal berkisar 70%--80% atau penjualan seat masih tersedia. Menurut dia, meskipun DLU sudah membuka penjualan tiket secara online sejak H-30, masih banyak konsumen yang tetap membeli tiket on the spot. Rute yang selama ini ramai selama masa mudik dan balik Lebaran adalah Sampit-Surabaya dan Kumai-Surabaya.


"Perilaku mereka relatif masih belum berubah. Pekerja-pekerja perkebunan sawit biasanya baru turun [mudik] menjelang Lebaran dan mereka membeli tiket langsung di pelabuhan," jelasnya.


Selain itu, ada pula pengaruh jadwal ujian nasional yang jatuh sebelum bulan puasa sehingga arus pemudik sebagian terdistribusi pada awal Ramadhan.

Berikut ini adalah 12 Kapal DLU yang menerima dispensasi penambahan penumpang:

1. KM Kumala
2. KM Dharma Kartika IX
3. KM Kirana IX
4. KM Dharma Ferry VII
5. KM Dharma Rucitra VII
6. KM Satya Kencana III
7. KM Kirana III
8. KM Kirana
9. KM Dharma Rucitra IX
10. KM Dharma Kencana
11. KM Kirana I
12. KM Dharma Ferry II

Sumber: PT Dharma Lautan Utama, 2019
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper