Hunian Ukuran Kecil Jadi Tren Milenial Inggris

Berdasarkan riset Hargreaves Lansdown, penduduk Inggris usia 18 – 34 lebih memilih pindah ke hunian berukuran kecil dibandingkan dengan yang berukuran besar.
Mutiara Nabila | 27 Mei 2019 11:26 WIB
Suasana Kota London - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penduduk muda di Inggris mulai cenderung mengubah rencana pindah huniannya ke hunian yang berukuran lebih kompak karena lebih terjangkau dan menghindari ruang-ruang tak terpakai.

Berdasarkan riset Hargreaves Lansdown, penduduk Inggris usia 18 – 34 lebih memilih pindah ke hunian berukuran kecil dibandingkan dengan yang berukuran besar. Kelompok usia tersebut diperkirakan akan menjadi konsumen utama properti dalam beberapa waktu mendatang.

Dalam riset Hargreaves Lansdown, 9 persen penduduk pada kelompok usia tersebut diperkirakan akan lebih banyak menjual propertinya dibandingkan untuk menyewa atau membeli dan 12 persen lainnya diperkirakan akan pindah ke hunian berukuran lebih sempit.

Hal ini, tak hanya berarti ada perubahan pada gaya hidup, tapi juga karena biaya sewa yang makin tinggi, pengisi hunian sewa biasanya akan terus berpindah ke hunian yang ukurannya lebih kecil agar tetap sesuai anggaran huniannya.

“Terutama bagi mereka yang memang ingin menabung untuk akhirnya membeli rumah,” jelas Sarah Coles, Analis Keuangan di Hargreaves Lansdown, dikutip dari Reuters, Minggu (26/5/2019).

Ketika akhirnya seseorang memutuskan untuk membeli hunian, Coles menyebutkan bahwa mereka juga akhirnya akan tetap memilih hunian dengan ukuran kecil.

Selanjutnya, riset Resolution Foundation menyebutkan bahwa di Inggris terdapat 825 rumah untuk 1.000 kepala keluarga. Kenaikan jumlah keluarga yang tinggal bersama orang tuanya mulai terus menjadi tren dan jadi pilihan, karena memang biaya untuk memiliki rumah sendiri dirasa cukup berat.

Royal Institution od Chartered Suveyors (RICS) juga melaporkan bahwa permintaan dari pengisi hunian sewa terus naik dalam tiga bulan berturut-turut hingga Maret 2019. Kemudian, data dari Office for National Statistics Inggris menunjukkan bahwa harga sewa yang dibayarkan pengisi sewa di Inggris naik 1,2 persen dalam setahun terakhir hingga Maret 2019.

Adapun, untuk periode antara Januari 2015 sampai dengan Maret 2019, harga sewa hunian privat di Inggris naik 7,3 persen.

Tahun lalu, RICS memperingatkan bahwa pemilik lahan berskala kecil akan mengalami peningkatan dan mengurangi jumlah pasok hunian sewa. Hal itu artinya tingkat sewa semakin meningkat dan diperkirakan bisa naik hingga 15 persen pada 2023.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pasar properti, properti inggris UK, rumah milenial

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top