Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Pabrik Gula PTPN X Lakukan Penggilingan Sebelum Lebaran

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI telah memulai proses giling tebu lebih awal atau sebelum Lebaran guna memenuhi kebutuhan gula masyarakat pada saat momen Lebaran.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  05:00 WIB
4 Pabrik Gula PTPN X Lakukan Penggilingan Sebelum Lebaran
Buruh memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di Ngawi, Jawa Timur, Selasa (8/8). - ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI telah memulai proses giling tebu lebih awal atau sebelum Lebaran guna memenuhi kebutuhan gula masyarakat pada saat momen Lebaran.

Direktur Utama PTPN XI, Gede Meivera Utama mengatakan ada empat pabrik gula (PG) yang sudah memulai giling yakni di wilayah barat PG Pagotan dan PG Purwodadi, serta wilayah tengah dan barat di PG Semboro dan PG Kedawung.

"Strategi kita kenapa giling sebelum Lebaran? Seperti kita ketahui gula menjelang Lebaran itu permintaannya tinggi, nanti harga gula bisa melejit kalau tidak ada pasokan," katanya di sela-sela Buka Bersama PTPN XI, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan selain itu, strategi giling lebih dulu tersebut dilakukan sesuai tingkat kemasakan tebu. "Tebu yang masuk sekarang itu sudah full capacity, nanti 3 hari sebelum Lebaran berhenti beroperasi, setelah Lebaran selesai pabrik akan beroperasi kembali," imbuhnya.

Hingga kini tingkat rendemen gula yang sedang digiling di empat PG itu sudah terlihat sekitar 7% an.  Gede menambahkan, pada musim giling tahun ini PTPN XI menargetkan bisa memproduksi 380.000 ton gula dengan tingkat rendemen 7,8%.

Target tersebut sama seperti capaian tahun lalu. "Kita realistis saja untuk target tahun ini karena memang curah hujannya lebih tinggi dan rendemen akan lebih rendah dari tahun lalu," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn x
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top